Sukses

Pengguna Android Non-Pixel Kini Bisa Manfaatkan Fitur Locked Folder di Google Photos

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Locked Folder di Google Photos yang sebelumnya hanya tersedia untuk smartphone Pixel akhirnya digulirkan untuk perangkat Android lain. Karenanya, menurut laporan Android Police, perangkat Android non Pixel kini juga sudah bisa memanfaatkan fitur ini.

Sesuai namanya, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (6/12/2021), Locked Folder memungkinkan pengguna menyimpan foto atau video miliknya secara lebih privat. Dengan kata lain, foto atau video tersebut akan disembunyikan di folder ini.

Folder ini hanya dapat diakses dengan sistem keamanan yang dipakai pengguna untuk membuka perangkatnya. dapat Meski hadir di aplikasi Google Photos, foto atau video tersebut tidak akan diunggah ke cloud.

Setelah foto atau video tersebut disimpan di Locked Folder, aktivitas yang bisa dilakukan pengguna HP Android terhadap konten juga terbatas. Mereka tidak bisa membagi, melakukan screenshot, termasuk screen record konten di dalam folder tersebut.

Bagi kamu yang tertarik, fitur ini dapat diakses langsung melalui aplikasi Google Photos di tab Library. Setelahnya, kamu tinggal memiliki opsi Utilities dan pilih Locked Folder dari menu yang tersedia.

Kendati demikian, fitur ini kemungkinan digulirkan secara bertahap, sehingga belum seluruh pengguna Android non Pixel dapat langsung menjajalnya. Namun dari sejumlah laporan, fitur ini hadir lewat pembaruan server, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pembaruan aplikasi lebih dulu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Google Bakal Rilis Smartwatch Buatan Sendiri pada 2022

Di sisi lain, Google tampaknya sedang bersiap untuk meluncurkan sebuah smartwatch pertama buatan mereka sendiri.

Hal ini diungkap lewat oleh seseorang yang mengetahui informasi ini, dan laporan terbaru dari media Insider.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (4/12/2021), raksasa mesin pencari itu berencana untuk meluncurkan smartwatch perdananya pada tahun 2022. 

Jam tangan pintar pertama milik Google dengan nama kode "Rohan" ini kabarnya sedang dikerjakan oleh tim Google Pixel, berbeda dari Fitbit.

Perangkat ini diprediksi akan dijual dengan harga lebih mahal dari Fitbit, dan bersaing langsung dengan Apple Watch, menurut sumber The Verge.

3 dari 4 halaman

Pakai Nama Pixel Watch?

ebih lanjut, Pixel Watch--masih belum nama aslinya--ini akan memiliki fitur fitness tracking.

Seperti perangkat wearable lainnya, jam pintar ini juga akan menyertakan fitur penghitung langkah dan monitor detak jantung.

Sebelumnya, Google juga dilaporkan sedang mengerjakan debut perangkat baru yang merupakan integrasi Fitbit ke Wear OS (dengan nama kode "Nightlight").

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara