Sukses

Pengguna WhatsApp Desktop Bisa Atur Privasi, dari Last Seen hingga Foto Profil

Pengguna WhatsApp Desktop nantinya akan bisa mengatur privasi mereka, mulai dari pengaturan Last Seen (terakhir dilihat) hingga profil foto masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini WhatsApp mengumumkan program beta barunya untuk aplikasi berbasis desktop. Sejak itu, aplikasi pesan milik Meta (dahulu bernama Facebook Inc) berupaya terus meluncurkan fitur-fitur baru untuk WhatsApp desktop.

WhatsApp desktop adalah aplikasi WhatsApp yang bisa diinstal oleh pengguna di komputer Mac atau Windows. Sementara, WhatsApp Web adalah akses WhatsApp menggunakan web browser, dengan membuka alamat web.whatsapp.com.

Kini, laporan terbaru mengungkapkan update apa yang bakal ada di WhatsApp desktop khususnya versi beta.

Mengutip Tech Hindustan Times, Senin (22/11/2021), pengguna yang memakai aplikasi beta WhatsApp berbasis desktop pasti tahu, WhatsApp desktop sebelumnya tidak memiliki pengaturan privasi seperti di Android atau iOS.

Artinya, pengguna aplikasi WhatsApp desktop tidak bisa mengatur setting aplikasi dari aplikasinya. Mereka harus beralih ke WhatsApp di smartphone, untuk membuat perubahan pada settingan WhatsApp desktop.

Kini laporan baru dari WABetaInfo menyebutkan, dengan pembaruan betanya, WhatsApp menghadirkan pengaturan privasi ke aplikasi beta WhatsApp desktop.

Sumber ini menyebut, update WhatsApp Desktop beta 2.2146.5 membawa pengaturan privasi ke WhatsApp beta untuk desktop.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontrol Privasi untuk Pengguna WhatsApp Desktop Versi Beta

Berdasarkan hasil screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, pengguna bisa mengontrol pengaturan privasi di WhatsApp desktop, mulai dari Last Seen, Profile Photo, dan About.

Tidak hanya itu, pengguna WhatsApp desktop juga bisa mengontrol Read Receipts (tanda ceklis yang berubah jadi biru kalau pesan sudah dibaca).

Pengguna WhatsApp desktop versi beta bisa mengklik tombol, mengelola kontak yang diblokir, dan mengakses pengaturan grup setelah mengunduh versi beta terbaru dari aplikasi di smartphone mereka.

3 dari 4 halaman

Dilindungi Enkripsi

Dalam screenshot yang sama, WhatsApp juga mengingatkan penggunanya, panggilan yang dilakukan dan pesan yang dikirim dari aplikasi WhatsApp desktop juga didukung keamanan enkripsi end-to-end.

Selain itu ada pula tulisan yang menginformasikan pengguna bisa memakai WhatsApp di empat perangkat berbeda secara bersamaan, melalui aplikasi WhatsApp desktop.

Nah, pengaturan privasi di atas hanya tersedia untuk pengguna beta tertentu. WABetaInfo menulis, jika pengaturan privasi untuk akun WhatsApp pengguna belum tersedia, artinya pengaturan tersebut akan diluncurkan di kemudian hari.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Seputar WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.