Sukses

Makin Fokus Live Streaming, GoPlay Perkenalkan Aplikasi untuk Kreator

GoPlay memperkenalkan GoPlay Studio untuk para kreator di platform streaming mereka

Liputan6.com, Jakarta - GoPlay memperkenalkan beberapa inovasi baru mereka tak cuma bagi penonton, tetapi juga untuk para kreator konten, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi GoPlay Studio.

"Sejak diluncurkan tahun 2019, GoPlay berkomitmen mendukung penuh para pembuat konten supaya bisa menjangkau audiens lebih luas lagi," kata CEO GoPlay Edy Sulistyo dalam siaran persnya.

Edy mengatakan, ditulis Sabtu (13/11/2021), komitmen tersebut tidak berubah seiring penguatan fokus layanan streaming milik Gojek itu pada konten live streaming yang interaktif.

Melalui inovasi teranyar, para pengguna GoPlay bisa dengan mudah menemukan berbagai konten live show dari berbagai kategori, baik hobi, musik, horor , komedi, dan game.

GoPlay mengatakan, penonton pun dapat memilih konten yang saat ini sedang live, terjadwal, maupun recorded, termasuk konten para top streamer. Mereka juga bisa mengikuti kreator favorit mereka di GoPlay, sehingga tidak ketinggalan sesi live streaming mereka.

Penonton juga dapat bergabung dalam grup chat komunitas dengan preferensi konten serupa. Ini membantu untuk bisa lebih dekat dengan konten favoritnya, mendapatkan update konten terbaru lebih awal, dan mengikuti quiz dan giveaway khusus.

"Selama setahun terakhir ini, kami melihat interaksi antara penonton dan kreator sangat intens dalam GoPlay. Para penonton aktif membahas berbagai konten yang mereka senangi," kata Edy. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luncurkan GoPlay Studio

Selain itu, GoPlay juga memperkenalkan GoPlay Studio, agar siapa pun bisa menjadi kreator di platform tersebut dengan cara yang mudah dan cepat.

Di sini, GoPlay menyatakan akan mematuhi aturan konten positif yang berlaku di Indonesia. Mereka akan melakukan proses review, validasi, dan persetujuan bagi setiap calon kreator dalam waktu maksimal 72 jam.

Di GoPlay Studio, kreator bisa melakukan live streaming secara mandiri dan memaksimalkan berbagai fitur interaktif seperti game show, live-shopping, virtual gift, dan lainnya.

"Seiring perjalanan GoPlay, kami menerima banyak permintaan untuk menjadi kreator di GoPlay," ungkap Edy.

"Untuk itu, GoPlay Studio kami sempurnakan dengan fitur swakelola yang mudah digunakan. Sehingga, semakin banyak kesempatan dapat diraih para kreator, termasuk kreator pemula," katanya.

Mereka mengungkapkan, sudah ada beberapa kreator lokal dengan nama besar yang telah bergabung di GoPlay sebagai live streamer.

Mereka seperti Jessica Iskandar, Gracia Indri, Aurellie Hermansyah, Nila Sari, Citra Kirana, Rezky Aditya, Aqeela, Rassya Hidayah, Frislly Herlind, JKT48, dan lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Gaet Kreator Baru

GoPlay juga menyatakan membuka peluang para kreator baru untuk menemukan komunitasnya. Salah satunya Josh Sitompul, musisi Bandung yang membawakan liveshow Akustik Santuy bareng Josh! melalui GoPlay.

Josh, mengaku mengawalinya dengan coba-coba, karena mencari kegiatan di rumah yang bisa tetap berkarya namun menghasilkan.

Ia pun menyampaikan kegembiraannya atas sambutan yang bersahabat dari para komunitas penggemar musik di GoPlay.

"Dengan cepat saya dapat mengumpulkan follower baru di GoPlay dan penonton di GoPlay pun sangat royal," kata Josh.

Josh menambahkan, setiap penonton yang request bisa memberi semangat dan apresiasi berupa virtual gifts. Dia menyebut, dalam satu kali live, bisa mendapatkan virtual gift yang setara, bahkan terkadang lebih ketika dibandingkan tambil offline.

GoPlay mengklaim, melalui fitur virtual gift, salah satu kreator mereka mampu mengumpulkan pendapatan lebih dari Rp 10 juta dari sebuah sesi streaming.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.