Sukses

Twitch Pastikan Tak Ada Password Pengguna yang Bocor

Twitch memastikan tidak ada data password pengguna berikut informasi perbankan dalam peristiwa pelanggaran data yang baru saja terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal bulan ini, Twitch sempat mengonfirmasi mereka telah mengalami pelanggaran data berskala besar. Informasi itu diumumkan langsung melalui akun Twitter resmi Twitch.

Kini, Twitch memberikan informasi terbaru mengenai peristiwa tersebut. Seperti dikutip dari Engadget, Minggu (17/10/2021), Twitch memastikan tidak ada password yang terungkap dalam kebocoran data tersebut.

Perusahaan mengatakan pihaknya percaya diri sistem yang digunakan untuk menyimpan kredensial login tidak diakses dalam pelanggan data tersebut, termasuk dengan informasi ACH atau perbankan.

Setelah meninjau informasi dari file yang terbuka, menurut platform streaming game ini, aksi pelanggaran data itu hanya mempengaruhi sebagian kecil pengguna dan dampaknya tidak besar.

Informasi yang bocor sebagian besar merupakan dokumen source-code repository dan sebagian detail pembayaran untuk streamer.

Sebelumnya, Twitch menyebut dalam peristiwa ini, peretas telah membocorkan data yang mencakup source code untuk layanan streaming perusahaan.

Data source code tersebut adalah milik produk Amazon Game Studios yang belum dirilis. Informasi lain yang juga telah bocor adalah detail pembayaran kreator.

Sebelumnya, sebuah poster anonim di di 4chan messaging board merilis torrent dengan kapasitas 128GB. Si pengunggah mengklaim isi dari file tersebut mencakup keseluruhan riwayat Twitch.

File tersebut diberi label "part one", memperlihatkan bahwa mungkin masih ada lagi file-file hasil peretasan Twitch.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Password dan Email Pengguna Tidak Disebar

Sebelumnya, Twitch memang sempat mengatakan informasi pribadi seperti detail pembayaran kreator disertakan, kebocoran awal ini disebut-sebut tidak menyertakan kata sandi, alamat, atau akun email pengguna Twitch.

Sebagai gantinya, si pembocor hanya terfokus membagikan alat dan informasi perusahaan Twitch alih-alih menyertakan akun-akun pribadi.

Saat ini, tidak jelas berapa banyak data yang telah diakses. Namun Twitch mengatakan, pihaknya tengah bekerja untuk memahami lebih lanjut mengenai pelanggaran keamanannya.

3 dari 3 halaman

Twitch Minta Pengguna Ganti Password

Selain itu, Twitch juga meminta sejumlah pengguna untuk mengubah password mereka.

"Sampai kami memahami sejauh mana pelanggaran ini, kami sarankan untuk mengubah kata sandi Twitch Anda dan mengaktifkan otentikasi dua factor (2FA), jika Anda belum melakukkannya," kata pihak Twitch.

Kebocoran data Twitch ini ditengarai bisa merusak layanan streaming game, khususnya bagi pembuat konten yang mengandalkan Twitch untuk menjaga penghasilan dan informasi mereka tetap aman.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.