Sukses

Gandeng 9GAG, Mal di Hong Kong Hadirkan Museum Meme Pertama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Meme sudah menjadi sebuah bagian dari kultur dunia maya. Baru-baru ini, sebuah mal di Hong Kong bekerja sama dengan situs meme 9GAG membuka sebuah museum tentang ini.

Pameran meme pertama di dunia tersebut diselenggarakan oleh 9GAG dan mal K11, dan menampilkan lebih dari 100 meme.

Dilansir dari NDTV, Kamis (5/8/2021), pameran tersebut bertujuan mengeksplorasi budaya menarik tentang bagaimana kita berkomunikasi satu sama lain di abad 21.

Mengingat saat ini meme sudah menjadi bahasa universal, pameran tersebut merupakan upaya untuk merayakan kreativitas meme yang viral dari seluruh dunia.

Ada tujuh zona di Meme Museum Hong Kong ini yaitu "Troll Face", "Doge", "Disaster Girl", dan lain-lain. Pihak penyelenggara juga memasukkan meme populer lain seperti Wojak Feels Guy, Yao Ming, dan Distracted Boyfriend.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tampilkan Meme Terkenal

Salah satu meme yang juga populer adalah "Dissapointed Pakistani Fan" yang menunjukkan seorang pria terlihat kecewa akan sesuatu.

Bukannya marah atau kesal karena dirinya menjadi meme, pria bernama Sarim Akhtar tersebut malah mengungkapkan kebanggaannya karena fotonya bisa masuk museum meme di Hong Kong.

"Saya masuk di museum meme Hong Kong yohooo," tulisnya di akun Twitternya msarimakhtar. Ia menyebut, meme yang menyertakan dirinya itu diketahui oleh saudarinya.

Diketahui, momen tersebut tertangkap kamera saat Akhtar sempat kesal dengan penampilan Pakistan saat pertandingan kriket melawan Australia di ICC World Cup tahun 2019.

3 dari 4 halaman

Dibuka Sejak 16 Juli

Mengutip dari Asia Tatler, museum meme ini sudah dilangsungkan sejak 16 Juli lalu hingga 5 September 2021, dan akan dibuka pada pukul 12 siang hingga 10 malam waktu setempat.

Untuk museum ini, penyelenggara memang mengumpulkan berbagai meme internet yang viral di suatu wilayah hingga tingkat dunia.

Tidak hanya bisa melihat-lihat meme dan mempelajari fakta-fakta seputar itu, penyelenggara juga menampilkan meme dalam berbagai bentuk seperti gambar, figur 3D, video, hingga wewangian.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Survei Milenial Penjuru Dunia