Sukses

Google Ungkap Tampilan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, Bakal Pakai Chipset Tensor

Liputan6.com, Jakarta - Google mengungkap tampilan untuk flagship smartphone terbarunya, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Sejumlah fitur paling penting dari smartphone ini adalah prosesor kustomnya, desain, hingga sistem kameranya.

Mengutip GSM Arena, Rabu (3/8/2021), Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan didukung chipset Tensor. Chipset merupakan chip yang dirancang khusus, meski diproduksi pihak ketiga, desain chip dilakukan oleh pihak Google.

Konsep chipset ini mirip dengan prosesor A series yang digunakan Apple dalam iPhone-nya.

Prosesor Tensor pada seri Pixel 6 belum dikonfirmasi spesifikasinya saat ini. Selain itu juga belum diketahui siapa yang akan memproduksi chipset ini, meski rumor sebelumnya merujuk chipset ini diproduksi Samsung.

Namun dengan chipset ini, Google mengklaim, Pixel 6 akan menjadi smartphone paling cepat, pintar, sekaligus paling aman.

Salah satu fitur paling menonjol dari chip ini adalah kemampuan AI dan machine learning yang diusungnya. Disebut-sebut penggunaan chip ini akan melebihi teknologi apa pun pada smartphone Google sebelumnya.

Untuk itulah, Google berinvestasi dalam merancang chip-nya sendiri, sehingga bisa mengimplementasikan fitur AI dan machine learning dengan cara yang tak dapat dilakukan oleh suku cadang yang tersedia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kamera

Tak hanya chipset, beberapa fitur pintar akan digunakan dalam sistem kamera Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Kedua smartphone ini akan memiliki wide angle dan ultra wide angle camera yang sama, namun Pixel 6 Pro akan dilengkapi kamera telephoto 4x. Sejauh ini juga belum ada informasi mengenai spesifikasi detailnya.

Google juga meningkatkan kemampuan perekaman videonya pada Pixel 6 series. Berdasarkan laporan awal, Pixel 6 bisa merekam video dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik dibandingkan iPhone 12 Pro Max.

Kedua smartphone akan hadir dengan peningkatan layar. Misalnya, Pixel 6 didukung layar datar dengan refresh rate 90Hz. Sementara, Pixel 6 Pro didukung refresh rate 120Hz dengan layar yang melengkung (curved). Keduanya akan sama-sama memiliki sebuah punch hole di atas layar.

3 dari 3 halaman

Desain

Dari segi desain pun, Pixel 6 series akan berbeda dibandingkan Pixel seri sebelumnya. Kali ini, iPhone 6 memiliki bingkai logam dengan aksesn matte dan bodi belakang dari material kaca.

Sementara, Pixel 6 pro memiliki frame logam mengkilap juga bodi kaca di bagian belakang. Kedua smartphone memiliki frame kamera yang memiliki kesan retro di bodi belakangnya. Desain kamera retro ini mengingatkan kita pada Nexus 6P.

Selain tampilan, masing-masing dari kedua smartphone akan hadir dalam tiga opsi warna dan dua tone warna pada tiap smartphone. Nantinya, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan langsung didukung sistem operasi Android 12.

Kedua smartphone ini kemungkinan baru akan tersedia pada akhir tahun, kemungkinan pada bulan Oktober. Selain itu juga belum diketahui berapa banderol harga untuk kedua smartphone Google ini.

(Tin/Isk)