Sukses

Cara Aktifkan Fitur Kontrol Konten Sensitif di Instagram

Liputan6.com, Jakarta Facebook baru saja merilis fitur untuk Instagram berupa opsi untuk mengontrol seberapa banyak konten sensitif yang bisa dilihat pengguna di media sosial tersebut.

"Hari ini kami meluncurkan Kontrol Konten Sensitif di Instagram, yang memungkinkan kamu memutuskan seberapa banyak konten sensitif yang muncul di Jelajahi," tulis Facebook di laman newsroom mereka tentang fitur Instagram terbaru itu.

"Kami percaya orang harus dapat membentuk Instagram menjadi pengalaman yang mereka inginkan," tulis mereka, dikutip Rabu (21/7/2021).

Facebook mengatakan, mereka telah mulai upaya tersebut dengan peralatan yang memungkinkan pengguna untuk mematikan komentar, serta membatasi seseorang untuk berinteraksi di Instagram.

Lebih lanjut, Pedoman Komunitas Instagram telah menguraikan jenis konten apa saja yang diizinkan di media sosial tersebut. Menurut Facebook, adanya panduan itu adalah untuk menjaga seseorang tetap aman.

"Kami tidak mengizinkan ujaran kebencian, penindasan, atau konten lain yang dapat menimbulkan risiko bahaya bagi orang lain," tulis Facebook.

2 dari 5 halaman

Membantu Menghindari Konten Sensitif

Facebook juga menyebut bahwa mereka memiliki aturan tentang jenis konten yang bisa ditampilkan kepada pengguna di tempat seperti "jelajahi" atau "explore" yang mereka sebut Pedoman Rekomendasi.

"Panduan ini dirancang untuk membantu memastikan bahwa kami tidak menampilkan konten sensitif dari akun yang tidak Anda ikuti," kata mereka.

"Anda dapat menganggap konten sensitif sebagai postingan yang tidak selalu melanggar aturan kami, tetapi berpotensi mengganggu beberapa orang — seperti postingan yang mungkin menjurus ke arah seksual atau kekerasan."

3 dari 5 halaman

Mengaktifkan Kontrol Konten Sensitif

Lewat fitur terbarunya, pengguna Instagram bisa memutuskan untuk membiarkan apa yang mereka terima seperti apa adanya, atau menyesuaikannya supaya lebih sedikit konten sensitif yang ditampilkan.

Untuk mengaktifkan fitur Kontrol Konten Sensitif atau Sensitive Control Content, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  1. Masuklah ke bagian profil kamu dengan menekan simbol atau foto profil di bagian kanan bawah,
  2. Buka menu "pengaturan" atau "settings" lewat simbol tiga garis di bagian kanan atas, lalu pilih "akun" atau "account"
  3. Pilihlah "Kontrol Konten Sensitif" atau "Sensitive Control Content."
  4. Di situ, kamu bisa memilih opsi "Batasi Lebih Banyak" atau "Limit Even More" untuk melihat lebih sedikit konten yang mengganggu kamu. Dalam panduan resmi di laman Instagram, mereka mengatakan bahwa opsi tersebut mungkin tidak tersedia bagi pengguna di bawah 18 tahun.
  5. Tekan tombol "OK" untuk mengonfirmasi.

(Dio/Isk)

4 dari 5 halaman

Infografis 11 Aplikasi untuk Konsultasi Online dan Obat Gratis Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini