Sukses

XL Axiata Geber Jaringan 4G di Sukabumi untuk Penuhi Naiknya Trafik

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata meningkatkan jangkauan dan kualitas jaringan 4G-nya di berbagai wilayah di Sukabumi. Peningkatan ini dilakukan seiring naiknya trafik internet di Kota dan Kabupaten Sukabumi hingga 88 persen.

Pembangunan jaringan dilakukan hingga ke perdesaan yang sebelumnya belum terjangkau layanan XL Axiata.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan pihaknya terus memantau wilayah yang mengalami peningkatan trafik signifikan. Salah satunya di Sukabumi.

"Kenaikan trafik yang terjadi didorong oleh semakin nyamannya pelanggan atas jaringan dan produk XL Axiata, serta terus bertambahnya pelanggan. Kami mendeteksi permintaan dari area-area baru," kata Sofia, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata, Selasa (13/7/2021).

Untuk itulah XL Axiata membangun jaringan data untuk meningkatkan kualitas layanan di wilayah yang trafiknya naik serta area-area baru.

XL Axiata menyebut, saat ini XL Axiata di Sukabumi sudah menjangkau hingga 70 persen wilayah Sukabumi dengan jaringan 4G. Rinciannya adalah 52 kecamatan, 38 kelurahan, dan 326 desa.

Selain itu, dalam setahun terakhir, XL Axiata menambah sekitar 109 BTS 4G. Total lebih dari 1.150 BTS yang kini tersebar, melayani lebih dari 400 ribu pelanggan.

Khusus wilayah Kota Sukabumi, XL Axiata memiliki lebih dari 230 BTS, dengan jumlah BTS 3G/4G hampir 180 BTS. Jumlah tersebut meningkat sebesar 35 persen dibanding tahun lalu.

Sementara untuk wilayah kabupaten, ada lebih dari 900 BTS, dengan 630 unit di antaranya adalah BTS 3G/4G. Jumlah tersebut meningkat sebesar 33 persen dibanding tahun lalu.

2 dari 3 halaman

Bangun Kabel Fiber Optik

Selain membangun jaringan 4G, XL Axiata juga memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan kabel serat fiber optik yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Sukabumi.

Dengan terhubungnya BTS dan kabel fiber optik, XL Axiata berharap bisa meningkatkan kualitas jaringan sekaligus memberi kenyamanan kepada pelanggan.

Sekadar informasi, pembangunan jaringan fiber optik terbaru di wilayah Sukabumi telah berhasil dilakukan pada 63 BTS yang saling terkoneksi. Saat ini, sebanyak 37 BTS di kota Sukabumi telah terfiberisasi.

Selanjutnya, jumlah BTS yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di seluruh Sukabumi diperkirakan terus bertambah. Hal ini seiring dengan kebutuhan dan pertumbuhan trafik yang signifikan.

3 dari 3 halaman

Bangun Jaringan di Bukit Algoritma

XL Axiata juga siap mendukung pembangunan infrastruktur di wilayah Bukit Algoritma, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cikadang, yang Kecamatan Cibadak.

Saat ini, di kawasan tersebut telah dibangun 11 BTS 4G. XL Axiata juga memperluas jaringan fiber optik di daerah tersebut.

XL Axiata juga menyiapkan sejumlah produk yang dapat dimanfaatkan mastarakat Sukabumi. Misalnya dengan produk Axis Bronet dengan kota mulai dari 3GB, masa aktif 60 hari, dan harga Rp 15 ribu dan berbagai produk lainnya.

Untuk memberikan layanan prima di masa pandemi, XL Axiata berinovasi menghadirkan XL Center online.

XL Center online dapat melayani bermacam keperluan pelanggan, dari mulai ganti SIM Card, pengaktifan kembali nomor kartu, migrasi dari nomor prabayar ke prioritas, hingga aktivasi nomor prioritas.

(Tin/Ysl)