Sukses

Game Lawas The Legend of Zelda Terjual Rp 12,6 Miliar dalam Lelang

Game The Legend of Zelda mendapat predikat video game paling mahal yang pernah terjual dalam lelang.

Liputan6.com, Jakarta - Game lawas The Legend of Zelda yang baru-baru ini dilelang akhirnya resmi terjual. Sesuai prediksi sebelumnya, kartrid lawas yang masih dalam kondisi tersegel ini menjadi video game paling mahal yang pernah terjual dalam lelang.

Dikutip dari Polygon, Senin (12/7/2021), game The Legend of Zelda ini diketahui berhasil terjual dengan harga USD 870 ribu atau sekitar Rp 12,6 miliar. Harga ini mengalahkan salinan game lawas Super Mario Bros. yang terjual USD 660 ribu atau sekitar Rp 9,56 miliar pada April 2021.

Banderol harga yang tinggi dari game The Legend of Zelda ini memang bukannya tanpa alasan. Sebab, game ini memang diketahui masih dalam kondisi tersegel rapih dan mendapatkan rating 9.0 A dari Wata.

Namun selain kondisinya tersebut, nilai game ini juga tinggi karena merupakan salah satu salinan dari produksi paling awal yang dimiliki Heritage Auction sebagai badan lelang. Bahkan, produk serupa mungkin tidak akan pernah ditawarkan lagi dalam bertahun-tahun ke depan.

"The Legend of Zelda dengan kondisi seperti ini adalah satu-satunya salinan dari produksi paling awal yang pernah kami tawarkan, mungkin bertahun-tahun yang akan datang," kata Heritage Auction.

Sebagai informasi, The Legend of Zelda yang diluncurkan pertama kali pada 1987 ini terbilang langka dan banyak dicari kolektor. Empat hari sebelum penutupan lelang pun harga game ini sudah mencapai USD 110 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Super Langka di Dunia Nyata

Sebagai informasi, salinan game The Legend of Zelda ini termasuk ke dalam kategori NES R yang hanya meluncur beberapa bulan pertama.

Setelah itu, kategori ini digantikan oleh varian Rev-A pada awal 1988. Lalu seberapa langka game The Legend of Zelda yang sedang dilelang ini?

Pihak rumah lelang mengatakan, saat ini hanya ada satu varian di dunia yang berada di atas semuanya, yaitu versi NES TM version.

Diyakini, hanya ada satu kopi game dalam kondisi tersegel The Legend of Zelda versi NES TM di dunia saat ini.

3 dari 3 halaman

Fantastis, Gim Super Mario Bros Lawas Dilelang Rp 4,5 Miliar

Sebelumnya, kaset gim jadul Super Mario Bros yang masih disegel dan dinilai kembali muncul dalam acara lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions.

Berbeda dari kopian gim Super Mario Bros yang juga dilelang dan terjual seharga Rp 1,4 miliar di Heritage tahun lalu, kaset ini dibanderol dengan harga yang fantastis. Berapa?

Mengutip Gamerant, Jumat (26/3/2021) gim lawas Super Mario Bros ini dilelang seharga USD 310.000 atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Adapun gim lawas Super Mario Bros ini telah dinilai oleh Wata, perusahaan penilaian resmi dan terkenal di dunia yang memberikan skor 9.6--nyaris 10 untuk skor sempurna.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini