Sukses

Review Vivo X60: Flagship Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni

Penasaran seperti apa pengalaman yang ditawarkan Vivo X60? Berikut ini pembahasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Vivo X60 merupakan smartphone premium paling terbaru dari Vivo yang rilis di Indonesia. Tekno Liputan6.com pun sempat membahas sekilas mengenai smartphone ini dalam sebuah artikel.

Nah kali ini, kami akan mengupas secara keseluruhan pengalaman yang ditawarkan smartphone ini. Sebagai informasi, Vivo X60 hadir dengan satu pilihan memori, yakni RAM 8GB dan ROM 128GB.

Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 7.999.000. Lantas, pengalaman seperti apa yang ditawarkannya? Berikut ulasan mengenai Vivo X60.

Desain

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, Vivo X60 hadir dengan desain yang elegan dan premium. Kebetulan, kami mendapatkan warna midnight black yang kian menegaskan kesan tersebut.

Hadir dengan ukuran layar 6,56 inci dan bodi tidak terlalu tebal, Vivo X60 harus diakui sangat nyaman saat digenggam.

Pengoperasian dengan satu tangan saat mengetik atau sekadar melihat media sosial menjadi sangat dimungkinkan.

Tampak belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Vivo juga sudah menyematkan Corning Gorilla Glass 6 untuk memberikan perlindungan tambahan baik di bagian depan dan belakang bodi.

Casing yang disertakan dalam paket penjualan pun bertipe hard case, sehingga membuat tampilannya kian terasa premium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Untuk urusan performa, Vivo X60 harus diakui dapat diandalkan. Berbekal chipset Snapdragon 870, aktivitas sehari-hari menggunakan smartphone ini lancar tanpa masalah.

Dengan dukungan HDR 10 Plus dan refresh rate 120Hz, pengalaman saat menjelajah smartphone ini terasa kian mulus, termasuk saat mengakses konten multimedia video di YouTube maupun Netflix.

Saat digeber untuk bermain game, kami juga tidak mengalami kendala sama sekali di Vivo X60. Kami mencoba smartphone ini untuk bermain Call of Duty: Mobile dan League of Legends: Wild Rift.

Hasilnya, kami mampu memainkannya dengan pengaturan grafis tinggi dan berjalan mulus. Suhu perangkat saat diajak bermain pun terbilang stabil, kami tidak merasakan panas berlebih di bodi Vivo X60.

Tampak belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Vivo X60 memiliki baterai berkapasitas 4.300mAh dan terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang standar.

Namun apabila memang membutuhkan pengisian daya, smartphone ini sudah dibekali FlashCharge 33W dengan kecepatan pengisian daya yang terbilang impresif.

Hanya sayang, smartphone ini belum dibekali dual speaker yang ada di perangkat premium lain. Selain itu, sertifikasi IP68 untuk daya tahan terhadap air dan debu juga masih absen di Vivo X60.

3 dari 4 halaman

Kamera

Vivo X60 hadir dengan kamera belakang dengan lensa utama 48MP, lensa telephoto 13MP, dan lensa ultra-wide 13MP. Lalu untuk selfie, ada kamera depan 32MP.

Secara keseluruhan, kami sangat puas dengan kemampuan kamera smartphone ini. Hasil foto dalam beberapa kondisi terbilang apik dan memuaskan.

Tidak hanya itu, Vivo juga sudah membekali smartphone ini dengan sejumlah fitur untuk mendukung kemampuannya. Tanpa berpanjang lebar, berikut ini beberapa hasil tangkapan dari Vivo X60.

Hasil Foto Lensa Utama

Hasil foto Vivo X60 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Lensa Utama, Ultrawide, dan Zoom

Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Malam Hari

Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Objek

Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto dengan kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dengan kemampuan yang dimiliki dan harga yang ditawarkan, Vivo X60 harus diakui merupakan salah satu smartphone rekomendasi untuk perangkat kelas middle to high.

Alasannya, smartphone ini menawarkan sebuah paket nyaris lengkap. Mulai dari desain yang apik, performa yang mumpuni, ditambah kemampuan kamera yang sangat bisa diandalkan.

Kemampuan baterainya pun terbilang baik dan sudah didukung dengan kemampuan pengisian daya yang impresif.

Selain itu, kisaran harga Rp 8 jutaan memang tidak dihuni banyak model smartphone. Karenanya, Vivo X60 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin merasakan perangkat flagship, tapi harga lebih terjangkau.

Namun kemampuan perangkat ini dapat dikatakan baru benar-benar lengkap, jika ada dukungan stereo speaker dan sertifikasi IP68. Nah bagaimana menurutmu?

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini