Sukses

Zipmex Resmi Hadirkan Dogecoin di Platformnya

Liputan6.com, Jakarta - Zipmex mengumumkan telah menghadirkan aset kripto paling viral dan populer, yaitu Dogecoin (DOGE) di platformnya sejak 17 Juni 2021. Peluncuran ini dilakukan bersama dengan tiga aset kripto lainnya, yakni Stellar Lumen (XLM), Cardano (ADA), dan Binance Coin (BNB).

Country Head Zipmex Indonesia, Yoga Sades Sugeharto, menuturkan cuitan Elon Musk berhasil membuat popularitas Dogecoin naik. Koin yang tadinya hanya menjadi candaan di kalangan pegiat aset kripto, kini menjadi aset dengan kapitalisasi pasar terbesar keenam di dunia.

"Dogecoin menjadi salah satu aset kripto paling banyak dilirik dan diinginkan oleh masyarakat, di luar dari Bitcoin yang dikenal sebagai top of mind," tutur Yoga dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (19/6/2021).

"Sejak Elon Musk mencuit tentangĀ aset kripto dan Dogecoin, semakin banyak orang mulai melirik industri ini sebagai peluang investasi."

Kehadiran Dogecoin sekaligus menambah ragam aset kripto yang ada di Zipmex, sehingga Yoga pun berharap masyarakat akan semakin tertarik berinvetasi di platform ini. Terlebih, Zipmex juga memiliki beragam produk unggulan seperti ZipUp dan ZipLock.

Sebagai bagian dari peluncuran Dogecoin, Zipmen akan memberikannya gratis untuk para pengguna baru. Jadi, pengguna yang membuka akun di Zipmex selama 17 hingga 30 Juni 2021 akan mendapatkan dua Dogecoin gratis.

Caranya pun terbilang mudah, yaitu pengguna hanya perlu memasukkan kode referral DOGE di dalam kolom yang tersedia saat membuat akun. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan bonus berupa 2 Doge dalama kurun waktu 1x24 jam.

Tidak hanya itu, pengguna baru yang menggunakan kode referral DOGE akan mendapat kesempatan memenangkan hadiah 10 ribu Dogecoin pada 10 orang beruntung. Adapun para pemenangnya akan diundi pada akhir periode.

2 dari 3 halaman

Informasi Dogecoin

Untuk diketahui, Dogecoin diciptakan oleh pengembang bernama Billy Marcus dan Jackson Palmer pada akhir 2013. Jackson adalah manajer produk Adobe di Sidney, Australia, sedangkan Marcus merupakan pengembang software di IBM.

Awalnya, Dogeocoin dibuat hanya sebagai lelucon untuk menyindir tren aset kripto, terutama Bitcoin. Ketika itu, keduanya menggunakan meme Shiba Inu yang muncul di akun meme, salah satunya adalah 9GAG.

Saat menggunakan meme Shiba Inu sebagai ikon Dogecoin, sambutan publik ternyata positif. Sejak saat itu, Dogecoin ini mulai diminati pegiat aset kripto dan digarap serius oleh pengembang.

3 dari 3 halaman

Nilai Dogecoin

Lalu pada 2015, komunitas pecinta aset kripto ini mulai tumbuh. Dogecoin pun dijadikan sebagai salah satu alat melakukan penggalangan dana untuk beragam event penting, seperti Olimpiade 2014 hingga NASCAR.

Sebagai gambaran, nilai Dogecoin yang tadinya hanya USD 0,32 atau setara Rp 4.570 per koinnya pada 2019, pada 8 Mei 2021 mencapai puncak tertinggi di harga USD 0,73 atau sekitar Rp 10.427 per koin. Akibatnya, kapitalisasi pasar Dogecoin meningkat hingga lebih dari 26.000 persen.

(Dam/Ysl)