Sukses

Nintendo akan Rilis Game Builder Garage 11 Juni 2021

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo telah merilis Game Builder Garage bagi konsol Switch, yang memungkinkan pemainnya untuk membuat game-nya sendiri layaknya seorang developer.

Tak seperti biasanya dalam pembuatan gim di perusahaan sebenarnya, di Game Builder Garage pemain bisa membuat gim yang diinginkan tanpa proses coding. Mereka akan dipandu dengan dengan tampilan visual yang cukup menarik.

Dikutip dari The Next Web, Kamis (6/5/2021), Game Builder Garage memang mirip dengan gim berkonsep serupa yang meluncur di PlayStation 4 berjudul Dream.

Menggandalkan pemrograman visual, gamer dapat berinteraksi dengan makhluk yang disebut 'Nodons'--istilah 'node' di dalam pengertian pemrograman.

Setiap Nodon memiliki kemampuan unik masing-masing, termasuk Person Nodon. Dia berfungsi sebagai karakter yang dapat dikontrol oleh pemain.

Nodon lainnya termasuk kontrol untuk stik analog, tombol, objek dalam game, pengatur waktu, musik latar, timer, efek, tekstur, dan banyak lagi.

 

2 dari 3 halaman

Pembelajaran Interaktif

Sesuai dengan judulnya, gim buatan Nintendo Entertainment Planning & Development Division (Nintendo EPD) ini berisi pelajaran interaktif, dengan Nodons menawarkan saran dan penjelasan saat bermain.

Tak hanya itu, ada juga 'Checkpoints' yang menawarkan tantangan pemrograman untuk dipecahkan oleh pemain.

 

 

3 dari 3 halaman

Bikin Berbagai Jenis Game

Lebih lanjut, Nintendo menginginkan pemain mereka untuk dapat membuat berbagai jenis game, termasuk platformer-scrolling, balapan kart, labirin, dan lainnya.

Seperti gim bergenre kreasi Super Mario Maker, gamer juga dapat men-download dan berbagi kreasi gim yang dibuat dengan orang lain.

Game Builder Garage pun mendukung aksesori khusus: mouse tua yang bagus. kamu dapat menyambungkan 'mouse yang kompatibel' ke port USB Switch Dock untuk mempermudah navigasi antarmuka. Mudah-mudahan, itu berarti mouse USB lama biasa akan berfungsi.