Sukses

Lampaui Facebook dan YouTube Gaming, Twitch Jadi Layanan Streaming Terpopuler

Mengacu data StreamLabs, Facebook Gaming akan menyusul YouTube di kuartal berikutnya, sementara Twitch masih memimpin dengan perolehan jam tayang paling banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Ditengah peningkatan pada berbagai platform dan kegiatan streaming, Twitch masih memimpin dengan perolehan jam tayang paling banyak.

Sementara, Facebook Gaming mengalami peningkatan yang cukup tinggi berkat PUBG. Namun, YouTube Gaming tidak banyak mencatatkan perkembangan.

Penyedia perangkat lunak streaming, StreamLabs merilis laporan triwulan industri streaming pertamanya di 2021. Adapun pengumpulan data tersebut menggunakan Stream Hatchet selama Januari hingga Maret 2021.

Dikutip dari Gizmodo, Senin (12/4/2021), Twitch masih di posisi pertama dengan penguasaan sekitar 72 persen jam penayangan konten yang ditonton triwulan pertama tahun ini.

StreamLabs menyebut, semua penayangan yang ada di Twitch mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat di tiap jenis nya.

Twitch memecahkan rekor pemirsa untuk kuartal kedua berturut-turut dengan pengguna menonton 6,3 miliar jam konten, meningkat hampir 1 miliar jam dibandingkan dengan kuartal lalu.

Platform juga mengalami peningkatan kuartalan tunggal terbesar dalam jam mengalir sejak hari-hari awal pandemi, melonjak dari sekitar 230 juta jam menjadi 265 juta jam.

Kategori ‘Just Chatting’ mengumpulkan 754 juta jam ditonton kekalahan di Q1 tahun ini. Sebagai gambaran, Grand Theft Auto V, gim yang paling banyak ditonton di Twitch pada tahun 2021, memiliki 536,3 juta jam, dengan League of Legends tidak jauh tertinggal di 534 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Facebook Gaming

Sementara itu, Facebook Gaming dan YouTube Gaming terus tertinggal jauh di belakang Twitch, tetapi jarak di antara keduanya dengan cepat menyempit. Facebook mencapai tonggak sejarah yang mengesankan pada kuartal terakhir ini, melampaui satu miliar jam ditonton untuk pertama kalinya.

Artinya, hampir dua kali lipat total pemirsa yang dikumpulkan platform sekitar waktu ini tahun lalu.

"Untuk pertama kalinya, kami melihat Facebook Gaming dan YouTube Gaming bersaing ketat satu sama lain dalam hal penayangan," kata kepala produk StreamLabs, Ashray Urs dalam laporannya.

Ia menambahkan telah terjadi perubahan cukup signifikan yang terjadi di Facebook Gaming, dari 1 miliar jam pada kuartal lalu, kini hanya 300 juta jam.

"Sementara perbedaan dalam penayangan sekitar 1 miliar jam pada kuartal lalu, Kesenjangan itu telah menyusut menjadi sekitar 300 juta di Kuartal 1. Ada kemungkinan kami melihat Facebook Gaming mengambil alih penayangan YouTube Gaming pada kuartal berikutnya,” tuturnya.

StreamLabs mengaitkan banyak dari kesuksesan itu ke PUBG Mobile, kategori gim Facebook Gaming yang paling banyak ditonton setidaknya selama dua tahun terakhir.

Pengguna menonton streaming langsung PUBG Mobile selama 254 juta jam di Q1, peningkatan yang mengesankan dari tahun ke tahun sebesar 76 persen.

 

3 dari 3 halaman

YouTube Gaming

Di samping itu, YouTube Gaming adalah satu-satunya platform dari tiga besar yang mengalami penurunan penayangan pada kuartal ini, turun 28,6 persen dari 1,92 miliar jam menjadi 1,37 miliar jam.

Dengan mempertimbangkan pertumbuhannya dari tahun ke tahun, YouTube Gaming tampaknya tidak terlalu buruk, karena total penayangan dan rata-rata penayangan serentak keduanya meningkat sekitar 28 persen.

Platform juga rumah bagi streamer wanita paling populer di semua platform: Valkyrae, yang kontennya ditonton penonton selama 12,2 juta jam selama Q1 tahun ini.

Secara keseluruhan, tampaknya perhatian platform streaming langsung yang menarik selama pandemi tidak mereda dalam waktu dekat bahkan saat penguncian dicabut, vaksin diluncurkan, dan orang-orang mulai melakukan perjalanan keluar rumah mereka secara lebih teratur lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.