Sukses

Daftar Game yang Bisa Asah Kemampuan Berpikir

Awal permainan memang terasa datar, namun semakin lama kamu bermain, maka game akan tampil semakin rumit.

Liputan6.com, Jakarta Nggak sedikit orang yang mengatakan kalau main game hanya membuang-buang waktu. Padahal ada banyak alasan yang bikin orang asyik ngegim. Mulai dari melepaskan rasa  jenuh, sekadar mengasah otak hingga meningkatkan kemampuan berpikir.

Hal itu diungkapkan berdasarkan studi yang dirilis dalam PLoS (Public Library of Science) ONE di Amerika Serikat pada 2013. Ternyata manfaat bermain gim juga bisa meningkatkan kepandaian. loh!

Para peneliti dalam studi tersebut meminta lima grup yang terdiri dari beberapa peserta. Mereka bermain game selama satu  jam setiap harinya. Riset ini berlangsung empat minggu.

“Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa setiap game yang dimainkan, bisa meningkatkan fungsi kognitif para partisipan. Hal ini dibuktikan lewat ujian dan tes mengingat,” demikian ulasan dari penelitian  PLoS ONE.

Nah, jika kamu ingin mengisi waktu luang sekaligus mengasah kemampuan otak dalam berpikir, ada beberapa game strategi yang bisa dimainkan, baik melalui smartphone, PC atau konsol. Berikut daftarnya: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Civilization VI

Rekomendasi game pertama yang bisa dipilih adalah Civilization VI, yakni game dengan genre strategi besutan Firaxis Games. Civilization VI bisa kamu mainkan melalui PC, konsol PS4, maupun Xbox One, hingga Android.

Game ini menghadirkan kondisi peradaban manusia, mulai dari zaman purba hingga zaman modern. Game strategi jenis turn based ini punya durasi waktu yang lama. Kamu bisa bermain sambil belajar peradaban di dalamnya.

Awal permainan Civilization VI memang terasa datar. Namun semakin lama kamu bermain dan terus maju peradabannya, maka game akan tampil semakin rumit. Di akhir permainan, kamu akan dihadapkan oleh berbagai macam urusan, mulai dari mengatur jalur perdagangan, diplomasi, hingga menjaga wilayah.

Kemudian, grafis yang coba dihadirkan dapat memanjakan mata. Sehingga tidak akan merasa bosan meski harus duduk berlama-lama di depan layar.

3 dari 4 halaman

Stronghold Crusader II

Kemudian, ada salah satu game strategi yang tidak kalah menarik, yakni Stronghold Crusader II. Firefly Studios dikenal sebagai pengembang dengan game yang kompleks dan tingkat kesulitan yang tidak masuk akal. Meski demikian, game ini memang benar-benar bisa meningkatkan kemampuan berpikirmu dengan baik.

Di sini, kamu bertugas untuk membangun benteng yang berfungsi melindungi semua kegiatan warga kota di dalamnya. Kamu juga harus mengolah sumber pangan, hasil alam, serta kekuatan pasukan. Kamu akan bisa menikmati kejayaan menaklukan bangsa lain melalui game ini, lewat berbagai macam strategi.

Grafis yang ditawarkan game ini memang tidak spektakuler ketimbang grafis game strategi lainnya. Namun, masih sangat layak untuk dimainkan. Game ini bisa dimainkan pula lewat PC atau ponsel Android.

4 dari 4 halaman

Total War: Three Kingdoms

Game strategi yang satu ini menawarkan gameplay berupa intrik dan skenario politik di dalamnya. Yakni latar belakang dari game ini bercerita mengenai keadaan Tiongkok di masa masih terpecah dalam tiga kerajaan besar. Game ini bisa kamu mainkan lewat PC atau ponsel Android.

Dari laman BGtekno dijelaskan ada beberapa tingkat kesulitan salah satunya legendary, di mana dalam waktu singkat, musuh bahkan sekutu bisa menyerang atau berencana menghancurkan kerajaan diam-diam.  Gim ini punya kualitas grafis yang keren ciptaan Creative Assembly. Untuk memainkan game ini dibutuhkan kesabaran dan kecerdasan tertentu hingga bisa menguasainya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini