Sukses

Resmi, Oppo Rilis Reno5 5G dengan Harga Rp 7 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Oppo resmi merilis Reno5 5G di Indonesia. Perangkat ini dibanderol Rp 6.999.000.

Penjualan Reno5 5G akan dimulai pada 25 Januari hingga 4 Februari 2021 di Shopee. Selanjutnya, penjualan secara langsung mulai dari 5 Februari 2021.

Berbeda dengan Reno5, Oppo menyuguhkan spefikasi lebih tinggi. Salah satu fitur unggulannya adalah AI Highlight Video.

Fitur AI Highlight Video ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mendeteksi cahaya yang tertangkap kamera. Cara kerjanya adalah menggabungkan Ultra Night Video dan algoritma Live HDR yang meningkatkan kualitas cahaya ketika dalam kondisi redup maupun terlalu terang.

Reno5 juga didukung dengan fitur Portrait Beautification Video yang juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mempercantik wajah dan membuatnya terlihat lebih natural di video.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan, kehadiran Reno5 5G menjadi pilihan bagi pengguna yang update dengan perangkat berteknologi jaringan terbaru 5G.

Meski di Indonesia jaringan 5G belum tersedia, secara tak langsung Oppo ingin Reno5 5G bisa menjadi simbol gaya hidup mereka yang berjiwa tech savvy.

"Tidak masalah dengan 5G atau tidak 5G, tetapi ada banyak konsumen yang ingin memakai Reno5 5G," kata Aryo dalam peluncuran Reno5 5G secara online, Jumat (22/1/2021).

2 dari 4 halaman

Isi Daya Penuh dalam 35 Menit

Selain kemampuan AI untuk mendukung videografi yang lebih mumpuni, Reno5 5G memiliki kelebihan lain yakni dukungan pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 65W.

Oppo menjanjikan teknologi pengisian daya ini mampu isi penuh baterai 4.300mAh hanya dalam 35 menit. Sementara untuk 15 menit pengisian, baterai akan terisi 60 persen.

"Lima menit pengisian bisa digunakan untuk memainkan video selama 4 jam," tutur Aryo.

Oppo memang menghadirkan pengisian daya 65W untuk mendukung aktivitas pengguna yang ingin selalu terhubung dengan internet cepat. Dengan kombinasi sejumlah fitur hemat daya, Reno5 5G bisa tahan lebih lama meski pemakaian ekstrim.

Reno5 5G sendiri disokong oleh prosesor Snapdragon 765G yang memang sudah terintegrasi dengan modem 5G Qualcomm.

3 dari 4 halaman

Layar dan Spesifikasi

Beralih ke bagian desain, Reno5 5G hadir dalam dua opsi warna. Pertama adalah Galactic Silver (matte) dan kedua adalah Starry Black (glossy).

Khusus untuk Galatic Silver, Aryo menjelaskan, Oppo menggunakan desain diamond texture yang membuat perangkat terlihat memiliki ribuan warna jika dilihat dari sisi berbeda.

Oppo menggunakan 6 tingkat lapisan warna untuk membuat Galatic Silver Reno5 5G tampak cantik. Tak hanya cantik, bodi belakang Reno5 5G juga bebas ceplakan sidik jari dan nyaman digenggam meski tanpa casing.

Perbedaan kedua warna adalah dari sisi bobot perangkat. Di mana, Reno5 5G Galactic Silver memiliki bobot 180 gram dan Starry Black memiliki bobot 172 gram.

Beralih ke layar, sama seperti Reno5, Reno5 5G ini memiliki layar 6,4 inci jenis AMOLED yang beresolusi 2.400x1080 piksel. Ada sebuah single punch hole untuk menempatkan kamera selfie.

Guna meningkatkan pengalaman penggunaan yang lebih intuitif, Reno5 5G didukung refresh rate 90Hz. Pada bagian layar pula, Oppo Reno5 5G menyediakan fingerprint unlock. Fitur keamanan lainnya adalah facial recognition.

Unit Reno5 5G di Indonesia hadir dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB yang tidak bisa diperluas.

Alasan Oppo sederhana, ketika konektivitas jaringan sudah cepat seperti 5G, pengguna tidak lagi membutuhkan ruang penyimpanan besar karena semuanya akan diunggah ke cloud.

4 dari 4 halaman

Kamera dan Dukungan Software

Reno5 5G didukung dengan empat kamera utama, masing-masing adalah 64MP dengan aperture f1.7, lensa ultra wide-angle 8MP aperture f2.2, lensa makro dan mono masing-masing 2MP dengan aperture f2.4.

Sementara untuk selfie, resolusi kameranya lebih kecil dibanding Reno5, yakni 32MP. Meski begitu, dengan dukungan ISP pada Snapdragon 765G, hasil fotonya diklaim lebih tajam ketimbang kamera selfie Reno5.

Berbagai fitur kamera yang diusung, seperti disebutkan ada Salah satu fitur unggulannya adalah AI Highlight Video dan Portrait Beautification Video.

Fitur lain adalah AI Screen Enhancement, dukungan pengambilan foto resolusi 108MP, ultra night selfie mode, ultra dark mode, dan portrait night flare.

Bicara software, Reno5 5G telah menggunakan Android 11 dan dukungan ColorOS 11.1.

Pada ColorOS 11.1, pengguna bisa memakai fitur Gaming Shortcut Mode yang memungkinkan load atau pembukaan aplikasi gaming berlangsung lebih cepat.

Agar tetap asyik main gim sembari tidak ketinggalan notifikasi yang masuk, ColorOS 11.1 juga menyediakan fitur Bullet Screen Message. Fitur ini adalah tampilan notifikasi bukan dalam bentuk banner atau notif yang mengganggu permainan, melainkan bentuk bulat kecil.

Aplikasi yang didukung mulai dari WhatsApp, Telegram, Line, Messenger, dan SMS.

Pecinta gaming juga dimanjakan dengan Gaming Mode di Reno5 5G karena bisa membuat pengguna fokus dalam permainan dengan memblokir pesan dan menonaktifkan layar serta tombol telepon yang sebenarnya. Bilah status dan notifikasi pun disembunyikan agar gaming bisa lebih maksimal.

(Tin/Why)

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK