Sukses

Samsung Resmi Umumkan Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra

Seperti tahun lalu, Galaxy S21 series hadir dalam tiga smartphone berbeda, yakni Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan versi paling premium yakni Galaxy S21 Ultra.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya mengumumkan flagship smartphone terbarunya, yakni Galaxy S21 series dalam acara Galaxy Unpacked 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (14/1/2021).

Seperti tahun lalu, Galaxy S21 series hadir dalam tiga smartphone berbeda, yakni Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan versi paling premium yaitu Galaxy S21 Ultra.

"2020 adalah tahun perubahan, tetapi teknologi membuat kami tetap terhubung. Pada 2021, prioritas utama kami adalah menghadirkan teknologi kepada lebih banyak orang," ujar TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

"Kami secara resmi memperkenalkan jajaran andalan paling kuat, dengan kemampuan kamera dan video kelas profesional yang supercerdas dan terdepan untuk Galaxy S21 Ultra, hingga pengalaman unggulan terbaik di seri Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus," kata Roh.

Bersamaan dengan acara Galaxy Unpacked 2021 ini, Samsung mengonfirmasi sejumlah bocoran informasi yang sebelumnya telah beredar di internet tentang trio Galaxy S21 itu.

Entah itu ukuran layar, bentuk modul kamera, spesifikasi, dukungan S-Pen hingga ketiadaan charger di boks penjualan seri Galaxy S21 terkonfirmasi dalam peluncurannya malam ini.

Salah satu yang menjadi sorotan acara malam ini adalah modul kamera di ketiga seri Galaxy S21 tersebut.

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, Galaxy S21 Ultra dikabarkan akan hadir dengan modul lebih besar karena harus menampung empat lensa kamera.

Sedangkan untuk Galaxy S21 dan S21 Plus tampil dengan modul kamera yang lebih ramping karena hanya menampung tiga kamera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera di Galaxy S21

Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galay S21 Ultra. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Samsung memperkenalkan kemampuan baru Space Zoom yang diberi nama Zoom Lock dan hadir di ketiga seri Galaxy S21.

Disebutkan, gambar zoom yang diambil hingga maksimal oleh ketiga kamera smartphone tersebut kini akan tampil dengan presisi dan detail lebih baik.

Perusahaan juga menyadari banyak pengguna mereka sangat mengandalkan kamera smartphone untuk berekspresi dan membuat konten menarik, salah satunya merekam video. Karena itu, Galaxy S21 series hadir dengan berbagai fitur baru di kamera dan salah satu yang paling menarik adalah Directors View.

Directors View memungkinkan pengguna merekam video dengan mengandalkan semua kamera di smartphone--baik di belakang atau depan--bekerja secara bersamaan.

Lalu berapa sensor kamera di ketiga smartphone baru Samsung tersebut? Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus memiliki sensor kamera utama 64MP. Sementara, Galaxy S20 Ultra memiliki sensor kamera utama 108MP.

Seperti seri Galaxy S sebelumnya, Samsung masih mengandalkan teknologi nona binning untuk menghasilkan foto yang lebih realistik. 

3 dari 4 halaman

Prosesor di Galaxy S21

Samsung Exynos 2100. Dok: Samsung Electronics

Dari sisi hardware, Galaxy S21 series didukung oleh prosesor flagship terbaru milik Samsung, yakni Exynos 2100.

Dibuat berdasarkan aritsektur 5nm, Exynos 2100 juga telah mendukung pemrosesan RAM LPDDR5 yang meningkatkan kecepatan transfer data di smartphone.

Untuk RAM, Galaxy S21 series dibekali RAM 8GB, 12GB, dan 16GB. Sementara kapasitas penyimpanan internalnya pun bervariasi seperti seri sebelumnya, mulai dari 128GB, 256GB, dan 512GB.

Sayang, Samsung tidak menyertakan slot MicroSD di trio Galaxy S21. Perusahaan mengatakan, kecepatan proses data di smartphone lebih baik berlangsung di memori internal ketimbang microSD.

 

4 dari 4 halaman

Konektivitas 5G

Ketiga seri Galaxy S21 hadir dalam jaringan 5G untuk pengguna di berbagai negara. Berhubung di Indonesia jaringan 5G belum diterapkan, jadi Samsung memilih untuk "mengunci" fitur tersebut.

Bila jaringan 5G sudah tersedia, pengguna akan dapat menikmati teknologi internet supercepat itu lewat pembaruan dari sisi software.

Untuk mengakomodasi kebutuhan penggunaan sehari-hari, Samsung sudah menyematkan baterai berkapasitas 4,500mAh untuk Galaxy S21, 4,800mAh di Galaxy S21 Plus, dan 5000mAh untuk Galaxy S21 Ultra.

Tak hanya itu, Samsung juga menyertakan dukungan fitur stylus ke seri Galaxy S21 Ultra. Sayangnya, saat ini S-Pen di Galaxy S tersebut baru sebatas untuk input. Perusahaan baru akan meluncurkan versi S-Pen bluetooth yang memiliki kemampuan setara dengan di Galaxy Note 20 pada kuartal berikutnya.

Galaxy S21 series juga didukung berbagai sensor. Salah satunya adalah sensor ultrasonic fingerprint baru yang membuat keamanan perangkat lebih terjamin. Ketiganya juga didukung dengan penguncian smartphone berbasis pattern atau pola, biometrik, hingga face recognition.

Terakhir, perangkat ini dibekali sertifikat IP68 untuk melindungi perangkat dari air.

(Ysl/Why)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.