Sukses

Bantu Masyarakat Lawan Covid-19, Startup Asal Indonesia Ini Dilirik Barack Obama

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama, memberikan apresiasi kepada startup urun dana asal Indonesia, WeCare.id, atas upayanya membantu masyarakat melawan Covid-19.

Apresiasi ini disampaikan Obama melalui The Leaders Forum: Asia Pacific Cohort yang digelar secara virtual, baru-baru ini.

Obama memberi apresiasi atas upaya WeCare.id untuk menggalang bantuan penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang berada di garda depan perang melawan Covid-19.

"Saya bangga Anda bersandar pada satu sama lain dan belajar dari satu sama lain, ketika organisasi Anda harus memenuhi kebutuhan komunitas. Baik itu AHA! Learning Center menjadi digital, atau WeCare.id mengubah kantornya menjadi pusat distribusi APD," ujar Barack Obama melalui siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Selasa (15/12/2020).

Sebagai respons terhadap pandemi Covid-19, WeCare.id telah mengubah kantornya menjadi pusat penerimaan dan distribusi APD. Perusahaan juga membangun kampanye inisiatif bertagar #APDUntukNegeri.

 

2 dari 3 halaman

Distribusikan 400 Ribu APD

Dalam kampanye ini, WeCare.id telah menyalurkan donasi dengan total nilai lebih dari Rp 40 Miliar untuk penyediaan APD yang terkumpul dari ribuan donatur dan rekanan.

Hingga Rabu, 9 Desember 2020, WeCare.id telah mendistribusikan lebih dari 400.000 APD ke 2.336 Rumah Sakit dan Pusat Kesehatan Masyarakat di seluruh Indonesia.

Pada bulan Desember 2020, Pemerintah Singapura memberi dukungan kepada WeCare.id untuk mendistribusikan 160 ton donasi APD, seperti masker dan hand sanitizer, kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Program The Obama Foundation Leaders: Asia-Pacific

CEO dan Co-Founder WeCare.id, Gigih Septianto, menjadi salah satu pemimpin muda di Indonesia yang masuk dalam program The Obama Foundation Leaders: Asia-Pacific.

Program ini adalah forum global lintas sektor yang mengundang sekitar 200 pemimpin baru dari 33 negara dari berbagai latar belakang, baik itu publik, swasta atau nirlaba, untuk mewakili pekerjaan dalam berbagai isu seperti pendidikan, lingkungan, komunikasi dan kewirausahaan.

Kepada The Obama Foundation, Gigih menjelaskan bahwa masih banyak tenaga medis yang kekurangan APD dan terpaksa memakai perangkat seadanya.

Sebagai startup crowdfunding medis, WeCare.id menyadari pentingnya penggunaan APD untuk mengendalikan dan mencegah penularan infeksi virus corona. Karena itu, WeCare.id mengambil inisiatif untuk turun ke lapangan dan melakukan aksi nyata bagi masyarakat.

(Isk/Why)

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer