Sukses

Mau Lanjut Pakai WhatsApp? Pengguna Wajib Setuju Persyaratan Baru yang Hadir 2021

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan akan mempunyai persyaratan baru yang mulai diterapkan tahun depan. Informasi soal persyaratan baru WhatsApp ini diketahui dari laporan situs WABetaInfo beberapa waktu lalu.

Dengan adanya perubahan aturan ini, seperti dikutip dari The Independent, Senin (7/12/2020), WhatsApp diketahui akan meminta para pengguna menyetujuinya agar tetap dapat menggunakan layanan chatting tersebut. 

Adapun perubahan aturan ini disebut akan mulai diterapkan pada 8 Februari 2021.

"Setelah tanggal tersebut, kamu perlu menyetujui peraturan baru untuk melanjutkan menggunakan WhatsApp atau kamu selalu bisa menghapus akunmu kapan saja," tulis notifikasi yang nanti akan diterima pengguna.

WhatsApp memang tidak berkomentar lebih lanjut tentang persyaratan yang mengindikasikan pengguna harus menyetujui perubahan aturan tersebut untuk tetap dapat menggunakan layanan mereka.

Namun juru bicara perusahaan mengatakan, perubahan aturan itu terkait dengan keperluan bisnis yang akan beroperasi di dalam platform dan berinteraksi dengan pengguna. 

Untuk diketahui, bersama dengan persyaratan layanan ini, WhatsApp disebut juga akan menghadirkan fitur baru berupa pengumuman yang dilakukan via aplikasi.

"WhatsApp akan menginformasikan kepada para pengguna mengenai fitur baru dan pembaruannya melalui pengumuman di dalam aplikasi," tulis laporan WABetaInfo.

Pengumuman ini nantinya tidak akan ditampilkan dalam bentuk obrolan atau chat, melainkan via banner yang ada di dalam aplikassi WhatsApp. 

2 dari 3 halaman

Banner WhatsApp

Ketika pengguna mengetuk banner tersebut, mereka akan diarahkan ke website eksternal untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Pengumuman ini dapat mengarahkan pengguna ke tindakan tertentu.

WABetaInfo bahkan menyertakan screenshot dari salah satu pengumuman di dalam aplikasi mengenai persyaratan layanan baru pada WhatsApp.

Pengumuman ini akan muncul ketika WhatsApp akan merilis persyaratan/ kebijakan layanan barunya pada tahun 2021.

3 dari 3 halaman

Persyaratan tentang Bagaimana WhatsApp Memproses Data Pengguna

Adapun perubahan persyaratan layanan tersebut, yang pertama adalah mengenai bagaimana WhatsApp memproses data pengguna.

Selain itu juga ada klausul mengenai bagaimana bisnis bisa menggunakan layanan yang di-hosting oleh Facebook dan mengelola obrolan milik pengguna.

Pengguna WhatsApp pun akan diarahkan untuk mengetuk "Setuju" jika menerima pesyaratan layanan baru yang akan mulai berlaku pada 8 Februari 2021.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK