Sukses

Samsung Bakal Pasok Prosesor Exynos untuk Smartphone Murah Xiaomi, Oppo dan Vivo

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics dikabarkan tengah melakukan persiapan untuk memasok application processor (AP) Exynos untuk Xiaomi, Vivo, dan Oppo.

Application processor merupakan sistem chip yang dirancang untuk menjalankan aplikasi di sistem operasi perangkat mobile.

Mengutip laman Gizmochina, Rabu (4/11/2020), kesepakatan ini kabarnya untuk diterapkan tahun 2021 dan proses produksinya AP Exynos dilakukan oleh anak perusahaan Samsung, yakni System LSI Business Division.

Menurut laporan dari Business Korea, Samsung berencana untuk memasok AP Exynos mereka ke vendor smartphone Tiongkok di atas pada paruh pertama 2021.

AP Exynos ini akan diterapkan pada smartphone murah dari masing-masing vendor Tiongkok tersebut.

2 dari 3 halaman

Saingan Qualcomm dan MediaTek

Sekadar informasi, saat ini Qualcomm merupakan pemasok utama AP untuk perangkat premium.

Oleh karenanya, jika Samsung benar-benar memasok AP untuk smartphone murah, tentu hal ini akan menumbuhkan pengakuan untuk Samsung dengan Exynos buatannya.

Bahkan, bukan tidak mungkin ke depan Samsung bisa jadi pemasok chip premium ke vendor smartphone.

Selain menjadi kompetitor Qualcomm dalam pasar AP, Samsung juga berkompetisi dengan MediaTek yang juga sering digunakan oleh Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

3 dari 3 halaman

Tak Hanya Dipakai Samsung

Bagi mereka yang tidak tahu, saat ini chip Exynos sebagian besar telah digunakan di smartphone Samsung Galaxy. Adapula smartphone merek lain yang memakai AP Exynos, misalnya Motorola dan Meizu.

Awal tahun ini, Samsung dikabarkan menghadapi kemunduran karena tidak menggunakan AP Exynos 990 untuk smartphone Galaxy S20 series-nya.

Namun, pada generasi berikutnya, Samsung diharapkan dapat merevitalisasi penggunaan AP miliknya dan bisa mengungguli Qualcomm.

(Tin/Why)