Sukses

Gelar Program Bersama Bangun Negeri, XL Axiata Salurkan Donasi ke Pelajar di Aceh

Liputan6.com, Jakarta - Karyawan XL Axiata kembali menyalurkan donasi pendidikan untuk sekolah dan panti asuhan di Aceh melalui program XL Axiata Bersama Bangun Negeri (Berbagi). Adapun donasi disalurkan untuk SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh dan Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Aceh.

Menurut Chief Human Capital Officer Rudy Afandi, mengingat rata-rata karyawan XL Axiata memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keahlian di bidang teknologi digital, mereka pun ingin bisa membagikannya pada para pelajar.

"Misalnya bagaimana memanfaatkan media sosial secara positif, bagaimana memanfaatkan internet untuk mendukung prestasi mereka, hingga membuat foto bagus dengan smartphone biasa," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (21/9/2020).

Lebih lanjut Rudy menuturkan program yang rutin diadakan setiap tahun dan digelar di berbagai daerah di Indonesia ini merupakan wujud kepedulian karyawan XL Axiata pada kemajuan dunia pendidikan.

Melalui program ini pula, karyawan mendapatka kesempatan turut terlibat secara aktif berbagi pengetahuan dan keahliannya. Meski dalam kondisi pandemi, XL Axiatan pun menggelarnya dengan sejumlah penyesuaian protokol kesehatan.

"Pandemi justru menegaskan kami untuk mencari cara alternatif agar program ini tetap bisa dijalankan, mengingat manfaat yang bisa diberikan pada para pelajar di sekolah sasaran," tuturnya melanjutkan.

Sementara menurut Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, Provinsi Aceh merupakan salah satu wilayah dengan pertumbuhan penggunaan data yang cukup tinggi di Sumatra. Masyarakat Aceh, termasuk anak muda dan pelajar diketahui memiliki antusiasme untuk memanfaatkan layanan internet.

"Kami berharap, pengetahuan yang dibagikan para karyawan akan menyadarkan para pelajar untuk lebih memanfaatkan sarana digital secara positif dan produktif, sekaligus menghindari dampak negatifnya," tuturnya.

Mengingat pandemi saat ini, program yang digelar XL Axiata ini tidak dilakukan secara langsung, melainkan lewat fasilitas video conference. Beberapa materi yang dibagikan adalah public speaking, internet sehat, cara mudah membuat situs web, hingga Internet of Things (IoT).

2 dari 3 halaman

Donasi Kuota untuk Para Pelajar

Selain materi pengetahuan, kegiatan lain yang juga dilakukan adalah penyerahan donasi kuota data bagi para siswa, termasuk perangkat router yang dipasang di SMA Negeri 1 Suka Makmur.

Perangkat itu bisa dimanfaatkan siswa dan guru untuk mengakses internet, termasuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar. Donasi ini disesuaikan dengan kebutuhan pelajar saat ini yang memang harus mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan internet.

Ada 250 paket internet yang dibagikan, termasuk masing-masing kartu SIM yang sudah dibekali kuota 30GB dan dapat dimanfaatkan selama dua bulan. Sementara untuk router, ada kuota gratis 20GB setiap bulan selama satu tahun.

Selain pemberian kuota, ada pula perbaikan fasilitas sekolah, yaitu lapangan basket. SMA Negeri 1 Suka Makmur memiliki 200 siswa dan sejak pandemi tidak bisa melaksankan proses belajar tatap muka.

Lalu untuk Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Aceh, donasi yang diberikan berupa router XL dengan kuota gratis 20GB setiap bulan selama setahun. Ada pula bantuan uang tunai Rp 20 juta untuk panti yang menampung 67 anak.

 

3 dari 3 halaman

Jaringan XL Axiata di Aceh

Perlu diketahui, jaringan 4G XL Axiata hadir di Provinsi Aceh sejak Mei 2017. Kini, layanan XL juga sudah hadir di 23 kota/kabupaten.

Infrastruktur XL Axiata yang ada di Aceh sekarang ini didukung lebih dari 1.700 BTS, termasuk sekitar 1.400 BTS 3G dan 4G. Sementara untuk di wilayah Sumatra dan kepulauan, tercata layanan 4G sudah hadir di 156 kota/kabupaten.

(Dam)