Sukses

Muncul Titik Hijau di Atas Layar iPhone Usai Update ke iOS 14, Kenapa?

Apakah kamu perhatikan ada titik hijau kecil di bagian atas layar saat memakai aplikasi tertentu setelah iPhone di update ke iOS 14?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kamu sudah meng-update OS di iPhone ke iOS 14? Jika sudah, apakah kamu perhatikan ada titik hijau kecil di bagian atas layar saat memakai aplikasi tertentu.

Jangan panik dahulu, karena titik hijau di layar iPhone ini merupakan fitur keamanan baru yang dibuat Apple agar pengguna merasa tenang perihal privasi kamera ponsel.

Saat titik hijau ini muncul, berarti ada aplikasi yang secara aktif menggunakan kamera iPhone.

Jika berwarna oranye, ini artinya ada aplikasi yang menggunakan mikrofon di ponsel.

"Sebuah indikator akan muncul di bagian atas layar iPhone setiap kali aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera ponsel," jelas Apple, sebagaimana dikutip dari Petapixel, Minggu (20/9/2020).

Perusahaan menambahkan, "pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang menggunakan mikrofon dan kamera iPhone melalui Control Center."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Dimatikan Secara Manual

Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Bila kamu melihat titik hijau muncul tetapi tidak membuka aplikasi apapun, ini dapat menjadi tanda ada aplikasi yang diam-fiam mengakses kamera dan memata-matai kamu.

Kamu dapat mengetahui dan mengatur kendali aplikasi tersebut di control center dengan men-swipe layar dari atas ke bawah, tahu aplikasi mana yang memakai kamera.

Jika ada, kamu dapat mengubah akses kamera tersebut di menu Settings agar hal serupa tidak terjadi kembali.

 

3 dari 3 halaman

Peningkatan Keamanan dan Privasi Pengguna Apple

Peluncuran Apple iPhone 11. Kredit: YouTube/Apple

Perubahan ini merupakan bagian dari dorongan Apple untuk memberi pengguna lebih banyak kepercayaan tentang privasi mereka melalui transparansi.

Sebelumnya, MacBook telah lama memiliki lampu hijau di sebelah webcam yang menyala dengan kamera.

Sedangkan untuk iPhone baru hadir lewat update iOS 14 ini, dengan versi digital dari indikator yang sama.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini