Sukses

Huawei Umumkan EMUI 11, Apa Saja Fitur Baru di Dalamnya?

Liputan6.com, Jakarta - Selain memperkenalkan HarmonyOS 2.0 dan membeberkan pencapaian Huawei Mobile Services, Huawei juga mengumumkan EMUI 11.

Sebagai pembaruan dari EMUI 10, secara teoretis tampilan antarmuka khas Huawei tersebut membawa sejumlah peningkatan.

"EMUI 11 ini kami hadirkan dengan peningkatan animasi artistik dan pengalaman pengguna lebih lancar," ujar Wang Chenglu, President, Software Engineering Huawei Consumer Business Group pada salah satu sesi keynote di ajang Huawei Developer Conference 2020, Kamis (10/9/2020).

Wang Chenglu, President, Software Engineering Huawei Consumer Business Group. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Chenglu mengatakan perusahaan telah melakukan riset untuk mengoptimalkan animasi artistik pada EMUI 11. Riset ini termasuk pelacakan mata atau eye-tracking ketika pengguna sedang menggunakan smartphone

Mengacu pada hasil riset tersebut, Huawei menyematkan animasi transisi baru di beberapa aplikasi tertentu, yang lebih halus dan lancar.

Pembaruan signifikan lainnya terdapat pada kemampuan multitasking berkat fitur Multi-Screen Collaboration. Pengguna dapat mengakses hingga tiga aplikasi di ponsel Huawei berbasis EMUI 11 dari laptop atau komputer. Boleh jadi, fitur ini mirip dengan apa yang telah Samsung dan Microsoft lakukan lebih dulu.

2 dari 2 halaman

Fitur Baru Lainnya

Ada pula panel Smart Multi-Windows. Panel berbentuk sidebar ini dapat menampung hingga 15 aplikasi berbeda. Pengguna dapat menemukan panel ini dengan melakukan swipe dari tepi luar layar ke arah dalam.

Always-on Display di EMUI 11 juga mendapat peningkatan. Pengguna akan menemukan menu untuk melakukan kustomisasi pada Always-on Display.