Sukses

Bukalapak Rilis Fitur Bayar Tempo untuk Permudah Mitra Akses Pinjaman Produktif

Bukalapak merilis fitur Bayar Tempo yang menyasar warung mitra Bukalapak sebagai solusi pembiayaan untuk menjaga ketahanan dan kelangsungan bisnis para mitra.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak merilis fitur Bayar Tempo di platformnya yang menyasar warung mitra Bukalapak sebagai solusi pembiayaan untuk menjaga ketahanan dan kelangsungan bisnis para mitra.

Fitur Bayar Tempo ini merupakan fasilitas limit kredit yang dapat dipakai sebagai alternatif metode pembayaran bagi Mitra Bukalapak untuk mengisi ketersediaan produk grosir dan transaksi produk virtual di aplikasi Bukalapak.

Dalam menghadirkan layanan ini, Bukalapak bekerja sama dengan platform peer-to-peer lending Indodana yang memiliki izin dari OJK.

Pada tahap awal, fitur Bayar Tempo saat ini tersedia untuk 40 ribuan Mitra Bukalapak yang ada di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Gresik, Karawang, dan Sidoarjo.

AVP of Investment & Financing Solutions Bukalapak Dhinda Arisyiya mengatakan, fitur ini hadir untuk menjawab kebutuhan para Mitra Bukalapak, terutama di tengah pandemi.

"Kami sadar akses terhadap pinjaman bagi UMKM dari sisi permodalan terbatas, terutama di situasi pandemi. Fitur Bayar Tempo kami hadirkan sebagai salah satu solusi membantu warung Mitra Bukalapak agar tetap bisa berjualan dan memiliki kemudahan transaksi meski belum top up di aplikasi Mitra Bukalapak," kata Dhinda dalam konferensi pers yang digelar secara live streaming, Kamis (23/7/2020).

Lebih lanjut, fitur Bayar Tempo sendiri memungkinkan pemilik warung Mitra Bukalapak menerima pinjaman dengan limit Rp 500 ribu dan dapat digunakan berulang kali tanpa batas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Persetujuan Cepat

Jika warung Mitra membayar tagihann sebelum tanggal jatuh tempo, limit akan kembali seperti semula dan bisa dipakai untuk belanja lagi.

Bukalapak tak menerapkan sistem bunga untuk fitur Tempo Bayar, melainkan dikenakan biaya layanan 1 kali di awal bulan, bila Mitra Bukalapak ingin menggunakan limitnya.

"Kami ingin Mitra Bukalapak bisa tenang bertransaksi kapan pun dan membayarnya belakangan," kata Dhinda.

Lebih lanjut, Dhinda mengatakan, fitur Tempo Bayar mengutamakan proses persetujuan yang cepat. Ia bahkan mengklaim, proses persetujuan tak sampai 1 hari lamanya. Bahkan, sudah ada Mitra Bukalapak yang pengajuannya disetujui dalam waktu beberapa menit setelah pengajuan.

Untuk mengajukan, Mitra Bukalapak hanya perlu melampirkan KTP dan foto diri bersama KTP di form pengajuan yang ada di aplikasi Bukalapak.

3 dari 3 halaman

Bisa Ditemukan di Aplikasi Bukalapak

Dhinda melanjutkan para Mitra Bukalapak bisa mengakses fitur Bayar Tempo di halaman utama aplikasi, halaman saldo, saat check out, dan di metode pembayaran.

Sementara itu, Head of Business Development Indodana Timothy Prawiromaruto mengatakan, Indodana menekankan pelayanan yang berfokus pada kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam mendapatkan pinjaman.

"Kami sangat bangga bisa meluncurkan fitur Bayar Tempo dengan salah satu eCcommerce terbaik di Indonesia yang berfokus pada produktivitas UMKM nasional," kata Timothy.

Pihak Indodana, kata Timothy, akan terus mengembangkan offering produk pinjaman produktif di UMKM guna meningkatkan inklusi keuangan. Sejauh ini, pembiayaan produktif di Indodana telah mencapai 30 persen dari portofolio pembiayaan.

(TIn/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini