Sukses

Aplikasi Serupa AirDrop Besutan Google Siap Rilis, Kapan?

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi besutan Google yang mengusung fungsi serupa AirDrop untuk Android dilaporkan akan rilis dalam waktu dekat. Informasi ini diketahui dari sejumlah bocoran mengenai aplikasi bernama Nearby Share tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (20/7/2020), aplikasi ini dilaporkan akan mulai tersedia pada Agustus 2020. Seluruh pengguna Android, mulai dari versi Android 6.0 hingga paling terbaru, disebut dapat menggunakan aplikasi ini.

Nantinya, tidak hanya untuk Android, Google memiliki rencana agar aplikasi ini mendukung platform lain, termasuk Windows, ChromeOS, macOS, hingga Linux.

Untuk informasi, aplikasi Nearby Share memungkinkan pengguna berkirim file secara lebih cepat. Jadi, mereka dapat mengirimkan file dalam satu klik saja pada orang yang masuk dalam daftar kontak dan berada dekat dengan dirinya.

Google memang belum mengungkap teknologi yang digunakan, tapi besar kemungkinan aplikasi ini sebenarnya masih mengandalkan Bluetooth dan Wi-Fi. Hanya proses itu dilakukan dengan bandwidth yang lebih tinggi.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan seperti apa adopsi aplikasi ini nantinya. Sebab, sejumlah manufaktur perangkat Android sudah menghadirkan fitur serupa di perangkatnya, seperti Huawei yang memiliki Huawei Share.

Google sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kompabilitas Nearby Share dengan aplikasi lain sejenis yang sudah ada. Karenanya, menarik untuk menunggu seperti apa langkah perusahaan selanjutnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kabar Aplikasi Ini Sudah Terdengar Sejak Awal Tahun

Informasi soal aplikasi Google ini sebenarnya sudah diketahui sejak awal tahun ini. Informasi ini diketahui dari laporan XDA beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (27/1/2020), XDA menemukan ada APK (Android Application Package) yang diberi nama Nearby Sharing.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk berkirim foto atau file dengan perangkat sekitar secara langsung, serupa AirDrop. Namun berbeda dari besutan Apple, Nearby Sharing dilengkapi dengan sejumlah pengaturan privasi.

Salah satunya adalah 'hidden mode' yang memungkinkan pengguna mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan file padanya.

3 dari 3 halaman

Vendor Smartphone yang Garap Aplikasi Serupa

Selain Google, sejumlah vendor smartphone Android lain juga diketahui sedang membuat aplikasi dengan kemampuan serupa. Salah satunya adalah Samsung yang siap merilis aplikasi berbagi file saat peluncuran Galaxy S20.

Memiliki nama Quick Share, aplikasi ini memungkinkan pengguna berbagi file secara instan dengan orang yang ada di dekatnya. 

Tidak hanya Samsung, tiga manufaktur smartphone Tiongkok yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo mengumumkan bahwa mereka membuat protokol transfer peer-to-peer yang memungkinkan transfer file antar perangkat. 

Sementara itu, OnePlus juga memiliki sistem transfer file mereka sendiri yang bernama FileDash. Namun, layanan ini terbatas digunakan hanya di perangkatnya.

Untuk informasi, fitur serupa memang masih belum hadir di Android. Padahal, AirDrop sendiri dirilis untuk iOS dan MacOS sejak 2011. 

Android sebenarnya menghadirkan fitur layanan berbagi file berbasis NFC bernama Android Beam. Namun, fitur ini dihentikan pada Android 10.

Pada sisi lain, aplikasi Google File juga menghadirkan fungsi berbagi file serupa, tetapi Google File tidak bersifat build-in langsung di Android.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.