Sukses

Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, hingga Jeff Bezos Di-hack

Akun Twitter milik Bill Gates, Elon Musk, Barack Obama, hingga Joe Biden diretas oleh pelaku tak dikenal untuk mempromosikan aksi penipuan bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah akun Twitter milik pebisnis dan pemimpin politik terkemuka di dunia, dari Bill Gates, Elon Musk, Barack Obama, hingga Joe Biden diretas oleh pelaku tak dikenal.

Pelaku berupaya untuk mempromosikan Bitcoin yang merupakan sebuah aksi penipuan menyasar pengguna atau follower yang masih awam terhadap metode tersebut.

Setelah diretas, akun tersebut men-tweet tulisan yang menjanjikan akan menggandakan uang siapa pun yang mengirim dana melalui Bitcoin dalam 30 menit, sebagaimana dikutip dari Tech Crunch, Kamis (16/7/2020).

Saat insiden berlangsung, akun Twitter yang diretas mulai membagikan beberapa alamat dompet bitcoin dengan mengklik link yang akan mengarahkan korban ke sebuah website.

Akun Twitter Bill Gates diretas pelaku tak dikenal. (Doc: Bloomberg/ Twitter)

Namun, setelah mendapatkan laporan dari berbagai pihak. Namesilo, selaku penyedia domain situs web yang dipakai pelaku pun langsung dimatikan.

Adapun akun Twitter lain yang ikut diretas, termasuk milik Jeff Bezos, Michael Bloomberg, Kanye West, Uber Technologies Inc, dan Apple Inc.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Twitter Akui Aksi Peretasan

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Lebih lanjut, Twitter mengakui aksi peretasan yang terjadi pada Rabu 15 Juli 2020 waktu setempat itu sebagai "insiden keamanan".

Beberapa akun yang diretas pun dengan cepat kembali di bawah kendali oleh pemiliknya masing-masing.

Sementara itu, akun yang di tweet dengan cepat langsung dihapus.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini