Sukses

Top 3 Tekno: Kelompok Tani Wanita Bercocok Tanam Pakai Aplikasi Terpopuler

Liputan6.com, Jakarta Emak-emak di kawasan Karawaci, Kota Tangerang, bercocok tanam memanfaatkan teknologi berbasis digital melalui smarphone. Tepatnya menggunakan aplikasi Sipindo untuk mengetahui proses bercocok tanam.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (10/7/2020), kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari satu juta UMKM yang mulai jualan online sejak 14 Mei 2020.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kelompok Tani Wanita di Tangerang Manfaatkan Aplikasi untuk Bercocok Tanam

Dulunya bekas kebanjiran, tapi sekarang emak-emak di Komplek Pondok Arum RT 05/02, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, menyulap lahan tidur menjadi kebun untuk memenuhi stok pangan selama pandemi Covid-19. Canggihnya lagi, mereka bercocok tanam memanfaatkan teknologi berbasis digital melalui smarphone.

Warga di sana memanfaatkan aplikasi Sipindo untuk mengetahui proses bercocok tanam dari mulai tahap penyemaian benih hingga panen.

"Aplikasi ini Sistem Informasi Pertanian Indonesia (Sipindo) yang bisa digunakan untuk masyarakat yang ingin mulai bercocok tanam," ujar Technical Field Officer East West Seed Indoensia, Sudi, Jumat (10/7/2020).

Baca selengkapnya di sini

2. Sejak 14 Mei 2020, 1 Juta UMKM Mulai Jualan Online di Platform Digital

Pemerintah beberapa bulan lalu merilis gerakan Bangga Buatan Indonesia, mengajak masyarakat menggunakan produk lokal sekaligus mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online.

Pasalnya, penjualan produk secara online dianggap jadi solusi karena membuat bisnis lebih mampu bertahan di tengah kondisi pandemi.

Gerakan yang diluncurkan pada 14 Mei 2020 oleh Presiden Joko Widodo ini, menurut Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko, Marves Odo R.M Manuhutu, bertujuan untuk menambah jumlah UMKM yang menjalankan bisnis secara digital.

Baca selengkapnya di sini 

 

2 dari 2 halaman

3. XL Axiata Tingkatkan Jaringan di Kawasan Industri Jawa Barat

XL Axiata terus meningkatkan kualitas layanan di Jawa Barat, salah satunya dengan memperkuat jaringan di kawasan industri baru Jawa Barat di Majalengka, Cirebon, dan Subang. Kawasan ini merupakan simpul dari tiga lokasi strategis dalam pengembangan ekonomi.

Apalagi kini kawasan ini didukung infrastruktur mulai dari Pelabuhan Cirebon, Pelabuhan Patimban, dan Bandara Internasional Jawa Barat yang terhubung dengan Tol Cipali dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, XL Axiata melihat peran penting dari Jawa Barat dalam kemajuan perusahaan saat ini.

Baca selengkapnya di sini