Sukses

Takjub, Robot AI Ini Akan Jadi Pemeran Utama di Sebuah Film Sci-Fi

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dari manusia, robot pada umumnya tidak memiliki kemampuan untuk menampilkan emosi karena saat ini masih belum miliki kemampuan untuk merasakannya.

Karena itu, wajar bilamana banyak pihak yang berpikir masih ada beberapa pekerjaan tertentu tidak dapat digantikan oleh robot, salah satunya adalah akting.

Namun, bagaimana jika pekerjaan akting dapat dilakukan oleh sebuah robot?

Dikutip dari laman Ubergizmo, Minggu (28/6/2020), sebuah robot AI bernama Erica kabarnya sudah dipilih sebagai pemeran utama dalam sebuah film Sci-Fi mendatang.

Adapun film pertama dengan pemeran utama sebuah robot AI ini didukung oleh Bondit Capital Media, Happy Moon Productions, dan Ten Ten Global Media.

Mereka akan berkontribusi dengan mendanai film yang saat ini hanya diberi judul "b" sebesar USD 70 juta atau sekitar Rp 1 triliun.

 

2 dari 3 halaman

Nama Robot AI

Ilustrasi robot (iStock)

Lebih lanjut, robot AI yang bernama Erica ini dibuat oleh dua ilmuwan asal Jepang, yaitu Hiroshi Ishiguro dan Koheii Ogawa.

Mereka berdua mengajarkan bagaimana robot tersebut berakting dengan menerapkan sejumlah metode akting kepada AI-nya.

Menurut salah satu kreator film itu, Sam Khoze, "Dalam metode akting lain, aktor manusia memiliki kemampuan untuk menambahkan pengalaman hidup mereka ke dalam peran tersebut."

 

3 dari 3 halaman

Belajar Akting

"Dalam hal Erica, dia tidak memiliki pengalaman hidup. Dia dibuat dari awal untuk berperan. Kami harus mensimulasikan gerakan dan emosinya melalui sesi one-on-one," jelasnya.

"Dengan ini, kita dapat mengendalikan kecepatan gerakkannya, berbicara melalui perasaan, dan melatih Erica untuk mengembangkan karakter dan bahasa tubuh."

Akan menarik untuk melihat bagaimana hasil jadi film ini, dan seberapa meyakinkannya akting Erica. Informasi, beberapa bagian film sudah direkam pada 2019, dan akan dilanjutkan pada Juni 2021.

Sayang, masih belum diketahui pasti kapan film yang baru berjudul "b" ini akan dirilis di bioskop.

(Ysl/Why)