Sukses

Penjelasan Telkom Soal Pengguna Indihome yang Sudah Bisa Akses Netflix

Warganet ramai menyebut layanan Netflix sudah bisa diakses oleh pengguna Indihome, ini penjelasan Telkom.

Liputan6.com, Jakarta - Dua hari terakhir, warganet menyebut-nyebut mereka sudah bisa mengakses layanan Netflix meski menggunakan internet Indihome.

Namun berdasarkan pernyataan dari Telkom Group, hingga saat ini layanan Netflix belum bisa diakses dari jaringan internet TelkomGroup.

"Hingga saat ini layanan Netflix belum dapat diakses dari jaringan TelkomGroup. Kami terus lakukan pengecekan untuk memastikan kebijakan ini," kata VP Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Prabowo dalam pernyataan yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (21/6/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, TelkomGroup tengah melakukan komunikasi yang cukup intens dengan Netflix.

"Telkom Group melakukan komunikasi yang cukup intens dengan Netflix mengingat adanya itikad baik dari Netflix untuk melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap hal-hal yang menjadi perhatian kami demi kepentingan dan kenyamanan pelanggan," tuturnya.

Ia mengatakan, jika nantinya semua telah disepakati, layanan Netflix bakal bisa diakses melalui jaringan Telkom Group.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirut Telkomsel Bilang Beberapa Minggu Lagi

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro membocorkan bahwa Netflix sudah banyak berubah. Dalam hal pengawasan orang tua, misalnya, layanan ini menjadi lebih baik dan sudah memiliki take down policy.

Ia bahkan menyebut, jika kedua pihak telah sepakat, blokir Netflix bisa dibuka dalam beberapa minggu ke depan. 

"Ini bocoran sedikit, kami memang sedang bicara serius dengan Netflix. Kita tahu mengapa Telkom Group dulu tidak memperbolehkan pelanggannya untuk mengakses Netflix itu karena alasan etik. Ada beberapa hal yang memang disepakati pihak Netflix saat ini terkait kebijakan konten," kata pria yang karib disapa Anto dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (12/6/2020) dari diskusi webinar Industri Telekomunikasi Menyambut Normal Baru yang diselenggarakan Tempo.

"Sekarang kami melihat Netflix sudah banyak sekali berubah. Parental control-nya sudah lebih baik, kemudian Netflix sudah lebih banyak bekerja sama dengan produsen konten lokal, kemudian ada take down policy yang jauh lebih baik daripada dulu, sehingga kami sekarang sedang dalam proses untuk secara serius berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, menuju ke arah kami memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari network Telkom," ujar Anto, memberikan penjelasan terkait perubahan sikap Netflix.

Lebih lanjut, ketika ditanya kapan blokir Netflix bakal dibuka oleh Telkom Group, Anto mengatakan, "InsyaAllah dalam hitungan minggu."

3 dari 3 halaman

Telkom Blokir Netflix Sejak Januari 2016

Seperti diketahui, Telkom memblokir Netflix pada Januari 2016. Telkom Group memutuskan untuk memblokir Netflix, sehingga pengguna Indihome, WiFi.id, dan Telkomsel dipastikan tidak bisa mengakses layanan video streaming asal Amerika Serikat tersebut.

Pada saat itu, Direktur Consumer Telkom, Dian Rachmawan mengatakan, pihaknya memblokir Netflix karena tidak memiliki izin atau tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Kami memblokir Netflix karena tidak memiliki izin dan memuat konten yang tidak diperbolehkan. Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menjunjung tinggi Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis,” tegas Dian, Rabu (27/1/2016).

Dian menambahkan, jika Netflix menjalin kerja sama dengan Telkom, maka konten yang mengandung pornografi dan kekerasan bisa tersaring untuk pelanggan IndiHome, wiFi.id, dan Telkomsel.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini