Sukses

Film Dokumenter Netflix Akan Tayang di TVRI Berkat Kemitraan dengan Kemendikbud

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan kemitraan dengan Netflix sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah.

Melalui kemitraan ini, film-film dokumenter Netflix akan ditayangkan melalui TVRI. Tayangan perdana untuk film dokumenter Netflix ini akan diputar pada 20 Juni 2020.

Nantinya, film-film dokumenter Netflix ini akan ditayangkan setiap hari Sabtu pukul 21.30 WIB. Lalu, tayangan ulangnya akan diputar setiap hari Minggu dan Rabu pukul 09.00 WIB.

"Program Belajar dari Rumah TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis," tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim seperti dikutip dari keterangan resmi Kemendikbud, Rabu (17/6/2020).

Program Belajar dari Rumah diluncurkan pada 12 April 2020 dan merupakan alternatif belajar bagi siswa di tengah pandemi Covid-19, sehingga mereka masih mendapat kesempatan melakukan pembelajaran dari rumah melalui TVRI.

Menurut Nadiem, Kemendikbud juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan mitra kelas dunia lain, selain Netflix, untuk menghadirkan materi pendidikan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami berharap upaya ini disambut baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk terus memperluas wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan dan menghibur," tutur Nadiem.

2 dari 3 halaman

Judul Dokumenter Netflix yang Siap Hadir di TVRI

Melalui kerja sama dengan Kemendikbud ini, Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix Bela Bajaria berharap akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan menikmati dokumenter orisinal Netflix.

Adapun judul dokumenter Netflix yang akan diputar di TVRI adalah Our Planet, Street Food: Asia, Tidying Up with Marie Kondo, Spelling The Dream, Chasing Coral, dan Night on Earth. Seluruh dokumenter itu akan ditayangkan dalam Bahasa Indonesia.

"Kami berharap masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan usia dapat ikut belajar dan terinspirasi dari dokumenter yang ditayangkan ini," tutur Bela.

3 dari 3 halaman

Netflix Berbagi Tontonan Gratis via YouTube

Sebelumnya, Netflix juga mengumumkan telah menghadirkan tontontan gratis yang dapat diakses melalui akun YouTube-nya. Adapun konten gratis yang dihadirkan merupakan seri edukasi dari Netflix, bukan serial atau film.

Dikutip dari The Verge, Senin (20/4/2020), seri edukasi yang dimaksud merupakan sejumlah dokumenter yang populer di Netflix, seperti Babies maupun Our Planet.

Keputusan menghadirkan konten dokumenter secara gratis ini merupakan upaya perusahaan memudahkan siswa atau guru mendapatkan konten edukasi, terutama di tengah kondisi pandemik saat ini.

Sekadar informasi, Netflix kerap berkolaborasi dengan tenaga pengajar untuk menyajikan konten dokumenternya di kelas. Hanya di kondisi sekarang, hal itu tidak mungkin dilakukan, sehingga digunakan cara alternatif seperti ini.

"Setiap judul juga memiliki tautan sumber tambahan yang tersedia dan dapat digunakan oleh siswa maupun guru," tutur Netflix. Perusahaan juga akan menghadirkan sesi tanya jawab sehingga siswa dapat mendengar pengalaman langsung dari para kreatornya.

Untuk sekarang, ada 10 judul yang sudah tersedia YouTube untuk disaksikan. Selain dua judul di atas, ada 13th, Abstract, Chasing Coral, Explained, Knock Down the House, Period. End of a Sentence, The White Helmets, dan Zion.

Seri dokumenter yang disajikan mencakup beberapa pembahasan mulai dari soal alam hingga masalah sosial, seperti kemiskinan, rasisme, dan ketidakdilan sistematis.

Netflix mengatakan seri dokumenter yang ada saat ini memang baru tersedia dalam bahasa inggris. Namun penyedia platform streaming itu berencana untuk menghadirkannya dengan lebih banyak bahasa dalam pekan ini.

(Dam/Why)