Sukses

Rahasia Snapdragon Elite Gaming Bikin Main Gim di Smartphone Makin Ngebut

Liputan6.com, Jakarta - Mobile gaming tak dimungkiri kian digemari. Walaupun gim dengan mode single-player telah populer sejak lama, kini terlihat adanya peningkatan jumlah gim yang fokus pada permainan multiplayer dan pengalaman gaming dengan grafik keren di smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Jenis gim imersif yang biasanya hanya tersedia di konsol dan PC sekarang dapat dimainkan di perangkat mobile, tetapi harus mengorbankan bandwidth, masa pakai baterai, dan memaksa GPU bekerja keras.

Namun, hal tersebut berubah berkat kehadiran Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang dapat menyulap perangkat mobile premium menjadi game machine yang kuat.

Dengan gudang penuh fitur perangkat keras dan perangkat lunak yang dioptimalkan untuk gaming dan telah terintegrasi sepenuhnya pada Snapdragon 865, 855 Plus, 855 serta fitur-fitur tertentu pada 768G, 765G, 730G, dan 720G, gamer akan bermain di tingkat level lebih tinggi.

Juga dengan interaksi yang lebih lancar, performa unggul, respons cepat, audio luar biasa, grafik berkualitas bioskop, dan banyak lagi.

Lalu, bagaimana Snapdragon Elite Gaming dapat memberikan dukungan penuh pada mobile gaming? Berikut penjelasannya.

 

2 dari 4 halaman

Memainkan Banyak Gim dengan Performa Terbaik

Bicara soal gaming, kualitas grafik merupakan hal yang penting untuk meningkatkan imersi. Perangkat mobile awalnya hanya digunakan untuk gim kasual, tapi kini mampu memenuhi kebutuhan gim dengan grafik intensif (atau dikenal dengan istilah high fidelity games) – yang sebelumnya hanya ada di konsol dan PC.

Untuk mendukung GPU Adreno, Snapdragon Elite Gaming telah mengemas fitur tampilan paling canggih dari True HDR10 dan Physical Based Rendering (PBR), membuka akses untuk game berkualitas desktop pada perangkat mobile.

Kedalaman warna 10-bit dan gamut warna 2020 menghasilkan miliaran warna yang 10x lebih cerah.

Sementara peningkatan GPU Qualcomm Adreno memberikan lebih banyak kemampuan yang dapat dikerjakan PBR untuk melakukan proses render virtual lebih halus dengan adanya peningkatan performa kinerja hingga 20%.

Dengan demikian, para game developer dapat memaksimalkan pengalaman visual saat bermain.

 

3 dari 4 halaman

Optimalisasi untuk 10 Gim Teratas

Adanya kolaborasi antara para pembuat game dan studio gim Qualcomm membuat 10 gim teratas dioptimalkan untuk platform tier-premium Snapdragon karena permainan terbaik dalam bisnis membutuhkan performa yang elit.

10 game teratas tersebut termasuk game terlaris PUBG Mobile, Lineage II Revolution dan Fortnite yang telah dimainkan oleh jutaan gamer di seluruh dunia.

Melanjutkan dukungan penuh untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming terbaik, Qualcomm bekerja sama dengan Tencent dalam memberikan dukungan Gaming Mode 90Hz di game PUBG (Player Unknown's Battle Ground).

Gim ini juga akan menghadirkan tampilan True 10-bit HDR yang memberikan permainan lebih lancar dan visual yang lebih baik.

Untuk memastikan gim berat beresolusi tinggi berjalan tanpa masalah, Qualcomm juga menghadirkan teknologi Game Q-sync yang dibuat dan dirancang untuk membuat frame rate tampilan sesuai dengan yang dihasilkan oleh game engine.

 

4 dari 4 halaman

Pembaruan Driver

Pada PC, gamer dapat memilih untuk update driver perangkat lunak mereka yang dapat memberikan kinerja perangkat keras yang lebih baik.

Sekarang, mobile gamer dapat melakukan hal yang sama berkat perpaduan GPU Adreno dan Snapdragon Elite Gaming. Gamer akan segera dapat mengunduh driver dari Google Play Store.

Google dan Qualcomm Technologies saat ini berkolaborasi dengan berbagai studio gim dalam Android GPU Inspector dan driver GPU yang dapat diperbarui di Pixel 4 dan Pixel 4 XL, Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy S10 serta lebih banyak perangkat lainnya di masa mendatang.

Kombinasi aptX Adaptive Audio dan Qualcomm Aqstic Audio bahkan mampu menghasilkan suara surround nirkabel yang secara otomatis menyesuaikan kualitas audio secara optimal dan selaras dengan situasi yang tampak di layar.

(Isk/Ysl)