Sukses

Lawan Gamer Pro, Atlet Sepak Bola Indonesia Unjuk Kemampuan Main PUBG Mobile

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan semakin luas penyebaran virus corona Covid-19 di sejumlah negara di dunia, berbagai cara pun dilakukan untuk melawan pandemi ini.

Salah satu cara tersebut adalah mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berdiam diri di rumah, dan mempercepat proses memutus rantai penyebaran Covid-19.

Alhasil, berbagai sektor industri di dunia pun terkena imbasnya dari wabah yang mendadak datang di akhir 2019 tersebut. Tidak terkecuali ranah esports.

Beragam aktivitas dunia esports, termasuk di Indonesia juga harus dialihkan dari kegiatan on the spot menjadi pertandingan online. Tentunya, hal ini tidak lepas dari pantauan IESPA (Indonesia Esports Association).

Bersama dengan RBJ Esports, IESPA memprakarsai turnamen esports persahabatan gim PUBG Mobile yang bertajuk Esports X Football. Sejumlah nama pesepak bola nasional pun turut serta dalam fun match ini.

“Senang sekali bisa memfasilitasi pelaku esports bersama atlet sepak bola di pertandingan,” ujar Ibnu Riza, ketua harian IESPA dalam keterangan resminya.

Adapun pesepak bola yang ikutan turnamen esports persahabatan PUBG Mobile ini, termasuk Hamka Hamzah, Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, Rizky Pora, Diego Michielle, dan Ricardo Salampessi.

 

2 dari 4 halaman

Disambut Positif

Menjajal main gim PUBG Mobile di Vivo V19 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

"Ternyata esports adalah olahraga yang juga digemari oleh praktisi olahraga lain, dan ini merupakan kegiatan rutin para atlet olahraga ketika waktu senggang," ucap Ibnu.

Hal ini juga disambut positif oleh penggiat esports Indonesia, Andrew Tobias yang turut serta mendukung dalam pengadaannya dan ditayangkan secara langsung di platform live stream Facebook RBJ Esports.

“Selain fisik, kesehatan mental pun harus terjaga, selama #DiRumahAja, ini bertujuan untuk menghibur kalian,” ujar pria yang lebih dikenal dengan dengan nickname NdRuw yang membuat Team ELVO.

Walau hanya sebatas pertandingan persahabatan, sejumlah influencer gim ternama juga turut meramaikan acara ini.

BangPen, Skygaming, Lalajo Laura, dan cencen serta beberapa tim kenamaan seperti AURA, XcN , Diverso, dan Team ELVO ikut dalam permainan dan turut menghibur.

 

3 dari 4 halaman

Bertemu dengan Teman Baru

Hamka Hamzah saat memperkuat Arema FC melawan Madura United di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Jumat (8/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Lebih lanjut, sejumlah influencer dan gamer pun merasa gembira dapat bertemu dengan teman baru untuk bermain gim.

“Senang bisa ketemu teman baru, harus lebih sering adakan fun match lagi dan lebih seru ya,” tukas Fachri atau yang dikenal Skygaming, mantan pemain profesional untuk tim Onic Esports.

Hal serupa juga diungkap oleh mantan pemain bertahan timnas Indonesia yang kini bermain untuk Persita Tangerang, Hamka Hamzah.

“Kesannya seru dan yang paling utama bisa bermain bersama para pemain-pemain pro dan pengurus PUBG yg ada di Indonesia. Dulu gim dilarang, sekarang disayang. Stay at home.” paparnya.

Menariknya, pemain bola timnas U-19, Bagas dan Bagus juga memiliki nama serupa dengan pemain PUBG MOBILE profesional Indonesia yang memperkuat tim Bigetron, yakni Bagas “Zuxxy” dan Bagus “Luxxy”.

Mereka menyampaikan ingin kesampaian “menyicipi” bermain bersama langsung dengan duo kembar yang memiliki nama yang sama dengan mereka.

 

4 dari 4 halaman

Ajak Atlet Nasional Lainnya

Penggunaan scope 2.5x pada senjata PUBG Mobile, Winchester 94.

Sampai saat ini, pertandingan yang diusung atas prakarsa Ibnu dan Andrew ini telah ditonton sebanyak 13.000 kali dan diikuti oleh 350 peserta pecinta PUBG Mobile.

Kedepannya Ibnu Riza juga berencana untuk melibatkan atlet nasional cabang olahraga lain untuk dipertemukan dengan esports.

(Ysl/Why)