Sukses

4 Aplikasi Pengganti Zoom Ini Patut Kamu Coba untuk Work from Home

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan semakin menyebarnya virus corona Covid-19 ke berbagai negara di belahan dunia, hal ini membuat banyak perusahaan menerapkan aturan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Meski tetap di rumah, kamu pun harus tetap menyelesaikan pekerjaan, atau ingin berkomunikasi dengan rekan kerja, entah itu membahas kerjaan ataupun meeting.

Beruntung, ada beberapa aplikasi video chatting dan konferensi yang tersedia gratis dapat kamu pakai, salah satunya adalah Zoom.

Namun, karena terganjal serangkaian masalah keamanan yang baru-baru ini terjadi, wajar bilamana kamu khawatir dan bingung mencari pengganti yang sedang populer ini.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah aplikasi alternatif Zoom yang bisa kamu pakai secara gratis, sebagaimana dikutip dari Cnet, Senin (6/4/2020).

 

2 dari 5 halaman

1. WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, aplikasi pesan milik Facebook ini memang sangat mudah digunakan dan dapat berfungsi di perangkat Android ataupun iOS.

Menawarkan fitur end-to-end encryption, ini berarti hanya kamu dan lawan bicara yang bisa membaca pesan dikirim.

Selain untuk berkirim pesan, tidak banyak orang yang mengetahui atau menggunakan WhatsApp sebagai panggilan video.

Tampilan yang mudah digunakan, aplikasi ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin video call dengan satu lawan bicara.

 

3 dari 5 halaman

2. Skype

Fitur Pratinjau Media dan File pada Skype. Kredit: Skype

Dibuat oleh Microsoft, Skype sudah tersedia untuk pengguna iOS, Android, PC Windows, dan Mac ini menawarkan panggilan video dan audio, serta chatting.

Hadir sebagai salah satu pilihan pengganti Zoom, Skype mendukung obrolan hingga 50 orang--panggilan audio. Sedangkan untuk video jumlahnya tergantung dari jenis perangkat yang digunakan.

Tak hanya itu, Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, dan membagikan video call, dan menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

 

4 dari 5 halaman

3. Microsoft Teams

 Microsoft Office Mobile untuk iPhone dan Android kini gratis, termasuk fitur membuat dokumen dan mengedit dokumen yang sebelumnya berbayar.

Untuk perusahaan yang meluncurkan Office 365, Microsoft Teams mengabungkan fitur chat, video dan audio call, dan aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint ke dalam satu hub.

Bagi kamu yang sudah memiliki dan berlanganan Office 365, layanan ini sudah langsung tersedia dan dapat langsung digunakan.

Meski tidak punya, kamu bisa mengunduh software dan aplikasi ini secara gratis. Pada Maret, Microsoft meningkatkan batas pengguna pada versi gratis.

Tak hanya itu, perusahaan juga menawarkan trial secara cuma-cuma software tersebut selama enam bulan.

 

5 dari 5 halaman

4. Google Hangouts Meet

Google Hangouts

Google Hangouts Meet merupakan platform konferensi video terintegrasi dalam platform G Suite yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting via web, laptop, atau aplikasi di smartphone.

Jika perusahaan kamu memakai atau berlangganan Google Apps, kamu dapat mengirim link meeting lewat aplikasi Google Calender.

Adapun orang yang bisa bergabung ke dalam sesi Meet ini mencapai 100 orang, dan sangat sesuai dipakai untuk meeting perusahaan, perkuliahan, atau sekolah.

(Ysl/Isk)