Sukses

Instagram Kepergok Lagi Uji Coba Fitur Latest Post

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dikabarkan akan kembali mengadopsi tampilan feed kronologis alias sesuatu waktu ungguhan.

Informasi ini diketahui oleh reverse engineering kawakan Jane Wong yang memang beberapa kali menemukan uji coba fitur anyar di Instagram.

Dikutip dari Tech Crunch, Minggu (16/2/2020), Jane menemukan bahwa Instagram tengah melakukan uji coba fitur bernama Latest Post. Setelah ditelaah, fitur ini memungkinan pengguna mengetahui konten terbaru yang diunggah jejaringnya.

Kendati demikian, unggahan tersebut tidak langsung tampil di feed pengguna, melainkan berupa notifikasi pop-up yang memberitahukan ada unggahan terbaru dari akun-akun diikuti oleh pengguna.

Oleh sebab itu, fitur di Instagram jelas berbeda dengan konsep Most Recent di Facebook yang memang secara otomatis memunculkan konten terbaru sesuai waktu unggahannya.

Meski sedikit berbeda, apabila fitur ini rilis, setidaknya dapat mengobati keinginan pengguna platform berbagi video dan foto ini yang ingin mengetahui unggahan maupun konten terbaru dari jejaringnya.

Instagram sendiri dalam keterangannya menyebut bahwa fitur tersebut merupakan purwarupa awal dari ajang hackathon yang baru digelar. Karenanya, belum ada rencana untuk diuji coba maupun diluncurkan dalam waktu dekat.

"Fitur ini merupakan purwarupa pertama untuk internal, dan kadang diuji coba ke eksternal apabila sejalan dengan tujuan Instagram, lalu rilis apabila hasilnya positif," tutur perwakilan Instagram.

2 dari 3 halaman

Pengguna Bisa Akses Direct Message Instagram di Desktop

Bulan lalu, Instagram akhirnya membawa fitur direct message (DM) ke versi web. Pengguna Instagram yang membuka aplikasi berbagi video ini di desktop, bisa mulai berbalas pesan DM.

Mengutip laman The Verge, Kamis (16/1/2020), sejumlah kecil pengguna Instagram yang memakai versi web dapat mengakses DM.

Namun, Instagram mengatakan fitur DM di Instagram versi web masih bersifat uji coba. Fitur ini memang ditujukan untuk pengguna di seluruh dunia, tetapi ini baru akan dilakukan setelah uji coba.

Sekadar informasi, pengalaman direct message melalui Instagram versi web pada dasarnya sama halnya dengan di aplikasi. Pengguna bisa membuat grup obrolan baru dengan seseorang dari layar DM atau profil.

Pengguna juga dapat mengetuk dua kali pada tanda love di bawah pesan untuk menyukai pesan yang dikirimkan, berbagi foto dari desktop, serta melihat berapa jumlah DM yang belum dibaca.

Pengguna juga akan menerima notifikasi DM di desktop jika mereka mengaktifkan notifikasi untuk seluruh situs Instagram di browser masing-masing. 

3 dari 3 halaman

Ingin Pengguna Bisa Lancar Berkomunikasi

Instagram menyebut bakal terus mengulangi percobaan di atas selama masa pengujian.

Saat ditanya kenapa Instagram memprioritaskan DM alih-alih fitur lainnya untuk versi web, juru bicara Instagram mengatakan, fitur DM cukup dibutuhkan.

"DM di Instagram versi web membantu pengguna tetap terhubung dengan orang-orang yang disayangi," kata juru bicara tersebut.

(Dam/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Selebritis Ini Berjuang Melahirkan di Saat Pandemi Virus Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Makin Jago Bahasa Indonesia, Choi Siwon Disarankan Membuat KTP