Sukses

Google Translate Bakal Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat

Google Translate berhasil mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu menafsirkan tanda atau gestur bahasa isyarat menjadi sebuah ucapan.

Liputan6.com, Jakarta - Google Translate sudah melakukan pekerjaan dengan cukup baik dalam menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya.

Proses menerjermahkan bahasa menggunakan Google Translate bisa bermacam-macam--secara tertulis, dari suara, memotret objek dalam bahasa asing, maupun proses scan.

Lalu, bagaimana jika proses penerjemahannya menggunakan metode komunikasi keterampilan bahasa isyarat?

Menurut Google, mereka telah berhasil mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang mampu menafsirkan tanda atau gestur bahasa isyarat menjadi sebuah ucapan.

Dengan kata lain, berarti perangkat lunak ini memungkinkan mereka yang memiliki masalah bicara untuk bisa berkomunikasi lebih mudah dengan mereka yang tidak mengerti bahasa isyarat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kamera Sebagai Media

Proses penerjemahan ini nantinya akan menggunakan kamera sebagai media untuk mengidentifikasi gestur atau gerakan yang akan menjadi sebuah ucapan.

Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (29/1/2020), Google mengatakan pihaknya berencana untuk mengembangkan teknologi ini agar lebih kuat dan stabil, memperbanyak jumlah gestur dan gerakan yang bisa dideteksi dengan baik dan mendukung gerakan dinamis secara real-time.

"Kami percaya bahwa mempublikasikan teknologi ini dapat memberikan dorongan untuk ide-ide kreatif yang baru oleh komunitas peneliti dan pengembang," Google menambahkan.

Teknologi ini memang belum sempurna, di mana masih hanya bisa menangkap sebagian dari percakapan karena hal-hal lain, seperti ekspresi wajah serta kecepatan penandatanganan bisa saja terlewat.

(Fitriah Nurul Annisa/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini