Sukses

Inovasi Layar Jadi Tren Smartphone di Tahun 2020

Liputan6.com, Jakarta - Tren smartphone selalu berubah tiap tahun. Perubahan ini dipengaruhi oleh inovasi teknologi yang muncul dan dikembangkan para vendor smartphone.

Oleh karenanya, vendor smartphone tidak segan untuk menghabiskan dana riset dan pengembangan yang cukup besar demi bisa mengikuti tren dan menarik pengguna.

Vendor smartphone Oppo melihat di tahun ini, inovasi layar digadang-gadang jadi tren di dunia smartphone, khususnya untuk produk flagship. Hal ini dilihat dari hasil riset pasar terhadap produk flagship.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto Aji, menyebut tren smartphone telah mengarah pada desain layar.

“Oppo melihat salah satu tren smartphone flagship di tahun 2020 ini adalah pada teknologi layar," kata Aryo, dikutip dari keterangan resmi Oppo yang diterima Liputan6.com, Selasa (28/1/2020).

"Tahun sebelumnya kita telah melihat berbagai macam terobosan baru pada layar smartphone, seperti teknologi full screen display, edge display, waterfall screen sampai teknologi foldable screen."

Tren layar ini dipengaruhi pula oleh fungsi yang diusungnya. "Ke depannya, layar smartphone akan memiliki banyak fungsi terutama untuk menampilkan berbagai konten resolusi tinggi," kata Aryo.

2 dari 3 halaman

Respon Layar Makin Cepat

Dengan begitu, Aryo menyebut, nantinya smartphone akan hadir dengan respon layar yang semakin cepat, warna yang semakin kaya dan detail yang semakin tajam.

Ia menilai, berbagai inovasi layar smartphone sudah ditawarkan oleh produsen. Namun, sebagian besar belum dapat menghadirkan peningkatan yang signifikan.

Vendor smartphone Tiongkok ini pun memperkirakan, pada tahun 2020 ini, makin banyak flagship smartphone yang memiliki kualitas layar lebih baik.

Mengutip laporan IHS Markit, smartphone masih menjadi peran kunci dalam kehidupan keseharian dari konsumen.

 

3 dari 3 halaman

Peningkatan Layar Signifikan

Tidak seperti laptop ultra-portable atau tablet, smartphone memiliki dimensi yang cukup kecil dan paling mudah dibawa oleh pengguna.

IHS Markit berpendapat, ke depannya smartphone yang akan hadir membawa peningkatan yang sangat signifikan.

Misalnya kecepatan refresh rate tinggi 120hz, gamut warna yang lebih luas, dan teknologi yang diaplikasikan dari perangkat layar televisi dan sistem pencitraan baru yang merupakan rekonstruksi dari sensor gambar khusus.

Pihak Oppo kini tengah mengembangkan perangkat yang akan hadir dengan membawa kualitas layar terbaik, yang mungkin belum pernah ditemui dalam perangkat smartphone.

VP Oppo Brian Shen sendiri di akun Twitter-nya menyebut, Oppo Find X2 yang akan diluncurkan bakal mengusung desain layar yang menjadi daya tarik utama sehingga menjadi game charger pada industri smartphone.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Oppo Bakal Rilis Find X2 Bulan Depan dengan Peningkatan Periscope Zoom
Artikel Selanjutnya
Oppo Find X2 Bakal Punya Wireless Charging 30W