Sukses

XL Axiata Operasikan Jaringan 4G Program USO di Pesisir Barat Lampung

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengoperasikan jaringan 4G di area 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengoperasikan jaringan 4G di area 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) di desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Pembangunan jaringan ini hadir melalui skema Universal Service Obligation (USO).

Diungkapkan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, saat ini di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya, XL Axiata telah mengoperasikan lebih dari 10 BTS program USO. Semuanya mendukung jaringan 4G,

"Semua BTS USO itu merupakan bagian dari pembangunan, dan pengoperasian jaringan USO di total 289 titik yang berlokasi di berbagai provinsi telah dilaksanakan XL Axiata sepanjang 2019," jelas Desy Sari Dewi, dalam keterangan resminya, Jumat (17/1/2020).

Desy berharap keberadaan jaringan data 4G di setiap area, termasuk di desa Bandar Dalam, Pesisir Barat bisa memacu roda perekonomian masyarakat setempat.

Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan potensi ekonomi daerah, atau meningkatkan produktivitas berbagai sektor, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Selain itu, keberadaan layanan data setingkat 4G diharapkan bisa menjembatani masyarakat sekitar dalam mengakses informasi yang setara dengan daerah lain.

Daerah Pesisir Barat memiliki potensi pariwisata terutama wisata pantai. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang menikmati keindahan pantai dan untuk berselancar (surfing).

Selain itu, Pesisir Barat juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan yang berbasis pada pengelolaan sumber daya alam di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, dan perikanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaringan XL Axiata di Lampung

Head of Sales Lampung, Sumsel Outer, Bengkulu, Budi Utama Lubis, mengatakan selain jaringan USO, sejak Maret 2017 XL Axiata telah menghadirkan layanan 4G di Lampung dan masuk ke semua kota/kabupaten.

Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di Lampung didukung sekitar 2.500 BTS, termasuk sekira 1.900 BTS data (3G dan 4G). Pelanggan di Lampung lebih dari 800 ribu, meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Penggunaan data di Lampung juga terus tumbuh signifikan. Tercatat pada saat Natal dan Tahun Baru 2020, trafik data meningkat 13 persen dari kondisi normal.

XL Axiata saat ini di seluruh Sumatera dan kepulauan terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan layanan data. Hal ini sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat.

Perusahaan tercatat memiliki lebih dari 24 ribu BTS, termasuk sekitar 18 ribu BTS data (3G & 4G) di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya yang menjangkau lebih dari 150 kota/kabupaten.

Saat ini, jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera mencapai sekira 19 persen dari jumlah pelanggan nasional, dengan jumlah pelanggan data mencapai lebih dari 95 persen.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini