Sukses

Antisipasi Lonjakan Libur Akhir Tahun, XL Tingkatkan Kapasitas Data 2 Kali Lipat

Dalam menghadapi masa liburan selama 2 pekan tersebut, XL Axiata meningkatkan kapasitas data 2 kali lipat dari hari normal.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mengaku telah mempersiapkan jaringan telekomunikasi dan data untuk menghadapi masa libur panjang di akhir 2019.

Dalam menghadapi masa liburan selama 2 pekan tersebut, XL Axiata meningkatkan kapasitas data 2 kali lipat dari hari normal. Selain itu, XL Axiata melakukan optimalisasi di area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Tidak cukup sampai di situ, XL Axiata juga melakukan persiapan rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi dan menyiapkan 30 unit Mobile BTS di berbagai lokasi yang diprediksi mengalami peningkatan trafik.

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk menyambut momen liburan akhir tahun, XL Axiata sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari.

"Kami sangat serius karena selain Lebaran, libur panjang akhir tahun dari mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan," kata Gede dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (12/12/2019).

Gede menjelaskan, tahun lalu, trafik data meningkat sekitar 30 persen dibandingkan hari-hari biasa. Sementara untuk tahun ini trafik data diprediksi akan meningkat sekitar 15 persen di layanan data.

Diprediksi, kenaikan ini dipicu oleh konsumsi layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial. Tak hanya itu, akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan.

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat mobilitas pemudik. Misalnya di bandar udara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta, hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera.

Lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah terutama Gereja terkait perayaan Natal diperkirakan juga akan mengalami lonjakan trafik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kota-Kota Rawan Lonjakan Trafik

Berdasarkan data trafik tahun-tahun sebelumnya, tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik.

Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang.

Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area.

XL Axiata menjanjikan, lonjakan trafik tak akan membuat kepadatan yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

 

3 dari 3 halaman

Fiberisasi

Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data XL Axiata akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS," katanya.

Untuk itu, tim XL Axiata di lapangan bakal standby 24 jam selama masa libur ini. Akan ada juga tim yang memantau kondisi jaringan di lapangan melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata yang ada di kantor pusat XL Axiata di Jakarta.

Sekadar informasi, pada libur panjang akhir tahun biasanya akan meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan. Data XL Axiata menyebut, antara 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83 persen dibandingkan hari-hari normal.

Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat lebih dari 500 persen dibandingkan hari-hari biasa.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini