Sukses

Ikuti Telegram, WhatsApp Bakal Rilis Fitur Hapus Pesan Otomatis?

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan WhatsApp dikabarkan tengah menyiapkan fitur baru.

Fitur yang dimaksud adalah Hapus Pesan (Delete Message). Lewat fitur ini, pengguna bisa memberikan batasan waktu agar pesan yang dikirimkan otomatis terhapus usai dibaca, setelah batas waktu habis.

Fitur ini mirip dengan yang ada di Telegram, yakni destructive message. Menurut informasi dari WABetaInfo, fitur terbaru WhatsApp sedang diuji coba oleh para pengguna Android Beta versi 2.19.348.

Pengguna yang telah mendaftarkan diri untuk program Google Play Beta dapat mengunduh versi terbaru. Pengguna lain juga bisa mengunduh aplikasi secara manual melalui APK di platform APK Mirror.

Mengutip laman LiveMint, Rabu (27/11/2019), fitur Hapus Pesan ini masih dalam tahap pengembangan dan terus di-update. Kabarnya, WhatsApp mengubah nama fitur dari yang semula "Hilangkan Pesan" menjadi "Hapus Pesan".

2 dari 4 halaman

Baru Tersedia untuk Obrolan Grup

Untuk tahap awal, fitur ini kemungkinan hanya akan tersedia di obrolan grup. Jika sudah tersedia, fitur ini dapat diaktifkan di Info Kontak atau Pengaturan Grup. Namun hanya bisa diaktifkan oleh admin grup.

Menurut laporan, fitur Hapus Pesan akan hadir bersama dengan tombol ON/OFF, pengguna bisa memilih interval waktu agar pesan-pesan hilang secara otomatis.

3 dari 4 halaman

5 Opsi Interval Penghapusan

Ada lima opsi interval waktu yakni 1 jam, 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, dan 1 tahun.

Dengan begitu, pesan yang dikirim ke grup chat akan hilang dalam interval, misalnya satu jam.

Fitur ini berbeda dengan fitur "Hapus untuk Semua Orang" yang sudah dirilis beberapa waktu lalu. Fitur Hapus untuk Semua Orang memungkinkan pengguna menghapus pesan, di mana setelah terhapus, akan ada tulisan "pesan telah dihapus".

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Status WhatsApp Bapak-Bapak, Garing tapi Kocak
Artikel Selanjutnya
WhatsApp Hadirkan Call Waiting di iOS