Sukses

Sony Konfirmasi Kehadiran PS5 Tahun Depan

Bersamaan dengan konfirmasi ini, Sony turut membeberkan sejumlah fitur yang ada di PS5.

Liputan6.com, Jakarta - Sony akhirnya mengonfirmasi kehadiran PlayStation generasi terbaru. Konsol anyar ini dipastikan masih akan mengusung penamaan yang dipakai saat ini, yakni PlayStation 5 (PS5).

Dikutip dari Engadget, Rabu (9/10/2019), perusahaan asal Jepang itu juga sudah mengungkap jadwal rilis konsol ini. Meski tidak detail, PS5 dijadwalkan akan rilis pada musim libur 2020.

Selain mengumumkan jadwal rilis PS5, Sony juga sedikit mengungkap kemampuan yang akan dimiliki konsol ini. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kehadiran kontroler baru.

Menurut perusahaan asal Jepang tersebut, pihaknya akan menggunakan sistem haptic feedback baru menggantikan efek yang ada di kontroler PS saat ini.

Sony mengatakan, sistem baru ini memiliki efek getar yang lebih luas dan berbeda-beda. Jadi, kontroler dapat memberikan efek getar yang berbeda saat misalnya, pemain berjalan di rumput atau di genangan lumpur.

Selain itu, perubahan juga dilakukan pada kemampuan tombol seperti L2 dan R2 di kontroler PS5 ini. Pengembang gim dapat memprogram dua tombol itu meningkatkan tensi bermain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Lain di PS5

Ada kemungkinan PS5 akan hadir dengan drive SSD, mengingat Sony sempat menjanjikan performa yang lebih ngebut di konsol ini.

Tidak hanya itu, Sony mengatakan bakal menawarkan cara baru bagi para pemain yang ingin memasang (install) gim di konsol ini.

Sony mengatakan pemain dapat mengunduh per bagian dari sebuah gim, sehingga mereka dapat memainkannya lebih cepat, ketimbang mengunduh satu gim penuh.

Meski mempermudah akses gim digital, PS5 masih akan hadir dengan gim fisik. Mengingat informasi yang ada saat ini, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut dari Sony tentang PS5. 

3 dari 3 halaman

Sony Pastikan Tidak Akan Rilis PS5 hingga 2020

Informasi soal kehadiran PS5 di tahun depan, sebenarnya sempat disinggung saat laporan keuangan akhir tahun yang diumumkan pada April 2019. 

Dikutip dari Fortune, Senin (28/4/2019), dalam laporan itu Sony menyebut pihaknya tidak akan merilis konsol anyar selama tahun fiskal 2019.

Dengan kata lain, konsol anyar yang dirilis Sony paling cepat akan meluncur pada April 2020. Namun, Sony sendiri tidak mengungkap lebih jelas rencana tersebut. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini