Sukses

Apple Bakal Batasi Fitur Panggilan di WhatsApp dan Facebook Messenger

Fitur milik aplikasi pesan WhatsApp dan Facebook Messenger yang akan dibatasi Apple adalah kemampuan untuk melakukan panggilan melalui internet.

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal membuat perubahan pada sistem operasinya. Dengan perubahan ini, Apple akan membantasi sebuah fitur yang ada di aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Facebook Messenger.

Mengutip Reuters, Rabu (7/8/2019), fitur milik aplikasi pesan yang akan dibatasi adalah kemampuan untuk melakukan panggilan melalui internet.

[bacajuga:Baca Juga](4026157 4031733 4004297)

Menurut laporan dari The Information, fitur panggilan di aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger rupanya tetap berjalan di background meskipun pengguna sedang tidak melakukan panggilan via aplikasi tersebut.

Ini berarti, aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger bisa lebih cepat menghubungkan panggilan dan pada sisi lain, tetapi juga bisa melakukan tugas seperti pengumpulan data.

Laporan menyebutkan, gara-gara masalah di atas, Apple membatasi akses latar belakang ke aplikasi saat pengguna melakukan panggilan internet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Beri Dampak Signifikan untuk WhatsApp

Sayangnya, saat dimintai klarifikasi, baik Facebook dan Apple tidak segera memberikan komentar.

Sekadar informasi, langkah Apple ini akan memaksa Facebook untuk mendesain ulang aplikasi pesan mereka.

Mengutip dua sumber yang familiar dengan masalah ini, pembatasan fitur panggilan ini akan memiliki dampak yang signifikan kepada WhatsApp.

Pasalnya, fitur panggilan suara lewat internet ini dipakai dalam beberapa hal, misalnya untuk mengimplementasikan enkripsi end-to-end milik WhatsApp.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.