Sukses

Tips Aktifkan Fitur Terjemahan di Berbagai Browser

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti pernah mengunjungi web atau blog berbahasa asing. Tidak jarang, beberapa browser seperti Google Chrome, Firefox dan lainnya, terkadang tidak menyediakan fitur untuk menerjemahkan web tersebut.

Atau, bisa saja fitur tersebut sudah tersedia dalam aplikasi, tetapi butuh diaktifkan terlebih dahulu untuk bisa digunakan.

Memang ada web translate di Google, yang sering dipakai oleh banyak orang untuk menerjemahkan berbagai bahasa asing.

Akan tetapi, sangat merepotkan bila harus menerjemahkan banyak artikel secara manual.

Berikut Tekno Liputan6.com rangkum dari Widen, Senin (15/7/2019), mengenai cara mengaktifkan fitur terjemahan di sejumlah browser, seperti Google Chrome, Firefox, Safari, dan Internet Explorer (IE).

 

2 dari 3 halaman

Buka Menu

Jika ingin mengaktifkan terjemahan di Chrome, kamu hanya perlu membuka menu Chrome yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan. Selanjutnya, klik Tingkat Lanjut dan scroll ke bawah sampai menemukan opsi Languages.

Tambahkan bahasa yang diinginkan, untuk mencari bahasa yang lebih banyak. Cukup menyeret krusor ke bawah, menjelajahi beragam bahasa yang sudah disediakan.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur penerjemahan di Firefox, buka menu Firefox di kanan atas browser, klik Preferensi. Lalu, klik Pilih di bagian Bahasa dan Penampilan.

Di sana, kamu bisa memilih bahasa untuk ditambahkan, dan klik Ok untuk mengakhiri langkah tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Untuk Safari

Untuk mengaktifkannya, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Instal ekstensi Translate dari Galeri Ekstensi Safari.

Untuk menerjemahkan, klik kanan pada halaman, pilih Terjemahkan halaman ini dan terjemahan akan ditampilkan di bawah alamat. Pilih bahasa yang akan diterjemahkan di laman terjemahan, terakhir klik panah Terjemahan di halaman web.

Sama seperti di Safari, mengaktifkan terjemahan di IE juga membutuhkan aplikasi pihak kegita, bernama Bing Bar.

Kalau kamu memiliki Microsoft Translator, maka bisa menggunakannya. Jika kamu menggunakan Microsoft Edge, maka tesedia pula penerjemahan di dalamnya.

Beberapa langkah di atas bisa menjadi referensi buat kamu, jika ingin memakai penerjemahan secara efektif.

Selamat mencoba!

(Linda Fahira Putri/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Trik Rahasia WhatsApp yang Wajib Kamu Coba
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Tips Aman dan Nyaman Akses Internet untuk Keluarga