Sukses

Ini Penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Lagi

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp , Instagram , dan Facebook tadi malam dilaporkan sempat tumbang selama beberapa jam. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan banyak juga pengguna yang melaporkannya dari negara lain.

Khusus untuk tadi malam, masalah yang dialami pengguna adalah tidak bisa mengirim dan mengunduh foto dan video. Sementara untuk Instagram, pengguna mengeluh tidak bisa mengunggah Stories dan gambar di feed Instagram.

Perlu diketahui, ini bukan menjadi kali pertama dua layanan Facebook tersebut down. Bahkan seperti dikutip dari Engadget, Kamis (4/7/2019), ini menjadi kali ketiga, dua layanan itu mengalami masalah besar sepanjang 2019.

Facebook pun sempat mengungkap mengenai alasan tumbangnya layanan WhatsApp dan Instagram semalam. Raksasa internet itu menyebut masalah ini terjadi karena ada perawatan yang dilakukan perusahaan.

"Selama salah satu perawatan rutin kami, ternyata memancing masalah sehingga membut sejumlah pengguna mengunggah foto atau video," tutur juru bicara Facebook pada CNN Business.

Masalah besar yang dialami WhatsApp dan Instagram ini terakhir kali terjadi pada Maret 2019. Ketika itu, Facebook menyebut masalah terjadi karena ada perubahan konfigurasi server.

Terlepas dari hal itu, tumbangnya layanan WhatsApp dan Instagram tersebut memang terbilang sering di 2019. Terkait hal ini, Facebook belum memberikan komentar apapun.

2 dari 3 halaman

WhatsApp dan Instagram Tumbang

Sebelumnya, aplikasi pesan WhatsApp tampaknya tak bisa dipakai dengan normal oleh sebagian penggunanya. Layanan kirim pesan teks masih dapat digunakan secara normal.

Namun, layanan kirim dan unduh foto, video, dan pesan suara tak bisa diakses secara normal.

Pengguna mengaku tidak bisa mengunduh foto, video, dan file-file lain. Ketika foto tak bisa diunduh, WhatsApp memberi notifikasi "download failed" dan konten pun tidak bisa diunduh.

Kejadian ini tidak hanya dikeluhkan oleh pengguna di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Media The Independent, Rabu (3/7/2019) malam menuliskan masalah serupa yang dialami oleh WhatsApp.

Menurut laman pendeteksi website down, Down Detector, tumbangnya layanan WhatsApp ini terjadi di wilayah Inggris, Amerika Selatan, dan sejumlah negara termasuk Indonesia.

Jumlah laporan mengenai tumbangnya layanan WhatsApp meningkat beberapa jam terakhir.

Tak hanya WhatsApp, layanan lain milik Facebook, yakni Instagram juga dilaporkan tumbang.

3 dari 3 halaman

Instagram Juga Tumbang

Situs Down Detector mencatat, selama satu jam terakhir jumlah laporan tumbangnya Instagram meningkat tajam.

Seperti WhatsApp, pengguna Instagram di negara-negara Eropa seperti Inggris, Swedia dan lain-lain terdampak masalah ini.

Demikian juga pengguna yang ada di Amerika Serikat, sebagian Asia (termasuk Indonesia), dan sebagian Afrika terdampak oleh tumbangnya layanan Instagram.

Menurut laporan pengguna, mereka tidak bisa mendapatkan update gambar-gambar terbaru yang diunggah di Instagram.

Selain itu, sebagian pengguna mengaku tak bisa mengunggah Instagram Stories dan gambar di feed Instagram.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: