Sukses

Gawat, Pengguna Media Sosial di Indonesia Sering Berbagi Data Pribadi!

Lebih buruk lagi, 31 persen responden mengungkapkan bahwa mereka telah berbagi informasi pribadi dengan orang asing di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial telah populer menjadi wadah eksistensi untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Namun, mereka seringkali melangkah terlalu jauh dan cenderung berbagi terlalu banyak hal tentang privasinya.

Detail seperti lokasi, tempat liburan atau data pribadi lainnya dibagikan, membuat mereka rentan terhadap penjahat siber atau lebih buruk.

Menurut survei ESET, 79 persen responden melakukan beberapa bentuk pemeriksaan sebelum mengobrol dengan orang asing atau tidak mengobrol sama sekali dengan mereka. Namun, ini berarti bahwa 21 persen responden melakukan obrolan bebas dengan orang asing di media sosial, membuka diri terhadap kemungkinan kasus pencurian identitas.

Lebih buruk lagi, 31 persen responden mengungkapkan bahwa mereka telah berbagi informasi pribadi dengan orang asing di media sosial, informasi pribadi yang dapat membantu penjahat siber melakukan pencurian identitas atau melakukan social engineering yang ditargetkan untuk orang-orang terdekat korban.

Hal ini tidak hanya memengaruhi pengguna yang terlibat, tetapi juga teman dekat dan keluarga mereka. Jika sebanyak 31 persen responden telah berbagi informasi pribadi dengan orang asing, berarti ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk mendidik masyarakat tentang bahaya berbagi informasi secara berlebihan di media sosial serta sejauh mana dampak kerusakan yang ditimbulkannya.

"Dengan peningkatan akses internet, orang menghabiskan lebih banyak waktu online. Tapi sangat mengkhawatirkan melihat banyak pengguna internet di wilayah APAC masih ada yang berbagi informasi secara sukarela pada orang asing," ungkap Yudhi Kukuh IT Security Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia, melalui keterangannya, Minggu (23/6/2019).

"Belum lagi masalah yang sama yang selalu terjadi berulang-ulang dari tahun ke tahun, yaitu praktik penggunaan kata sandi yang sama pada setiap akun media sosial atau finansial. Oleh karena itu, diperlukannya kesadaran untuk meningkatkan praktik keamanan dan privasi terbaik untuk memastikan bahwa semua orang aman secara online,” sambunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Orang Indonesia?

Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat aktif di internet dan media sosial dari hasil survei APAC ESET diketahui bahwa 54% pengguna menggunakan kata sandi unik di seluruh akun online dan platform, menunjukkan mereka menyadari bahaya menggunakan kata sandi yang sama pada akun yang berbeda dapat menyebabkan mereka mengalami kerugian.

Meski demikian persentase pengguna yang memakai kata sandi sama masih tinggi yakni 46%, menjadi kewajiban kita bersama untuk memberikan edukasi yang lebih baik pada publik.

Melihat keunikan kata sandi di seluruh platform, kurang dari setengah (48 persen) responden APAC menggunakan kata sandi yang serupa di seluruh platform.

Terutama, 70 persen responden dari Hong Kong menyebutkan bahwa mereka menggunakan kata sandi yang serupa di seluruh platform. Idealnya, tidak boleh ada pengguna yang menggunakan kata sandi yang sama di seluruh platform.

Itu sama saja dengan memberikan kemudahan bagi peretas karena dengan sekali dayung semua mereka bisa dapatkan, hanya cukup menebak satu kata sandi atau mendapatkan akses melalui salah satu kredensial login dari layanan internet populer, untuk mengakses sisanya.

 

3 dari 3 halaman

Kiat Aman untuk Pengguna Internet dan Media Sosial

Untuk meningkatkan keamanan saat sedang beraktivitas di dunia maya, berikut beberapa tips jitu dari ESET untuk pengguna internet:

  • Hindari penggunaan kata sandi yang sama atau serupa di seluruh platform. Ini menempatkan semua akun Anda dalam risiko, seandainya kata sandi dapat ditebak.
  • Hindari penyimpanan kata sandi di peramban karena peramban tidak memberikan perlindungan jika seseorang menguasai perangkat fisik tersebut. Pengelola kata sandi atau password manager sangat direkomendasikan sebagai cara untuk mengelola kata sandi yang berbeda.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan WiFi publik untuk mengakses internet. Selalu mengambil beberapa tindakan pencegahan saat login, sebagai langkah preventif apabila penjahat siber membuat jaringan palsu untuk memikat orang yang tidak menaruh curiga.
  • Ada beberapa cara untuk memastikan keamanan, seperti misalnya memeriksa apakah situs web menggunakan https, menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) atau tidak mengakses informasi sensitif saat terhubung ke publik Wifi.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini