Sukses

Jepang Kenalkan Kereta Peluru Tercepat Di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jepang, negara penuh inovasi teknologi kembali bawa kabar mencengangkan. Setelah Shinkansen, saat ini Jepang sedang melakukan uji coba kereta peluru tercepat di dunia yang melaju secepat 400 kilometer per jam.

Kereta peluru ini bernama ALFA-X. ALFA-X dijadwalkan untuk masuk ke layanan dengan perusahaan kereta api Jepang JR East pada 2030 mendatang, seperti yang dikutip dari Geek, Senin (13/5/2019).

Ketika sudah beroperasi, JR East bakal menjalankan kereta peluru dengan kecepatan 360 km/jam, 10 km/jam lebih cepat dari kereta cepat asal China, Fuxing Hao dengan kapabilitas serupa.

Desain paling menonjol dari kereta super cepat ini adalah moncongnya yang ramping, kira-kira berukuran 22 meter dan dirancang agar bisa melintas terowongan meski ada angin kencang.

Desain futuristik kereta peluru Jepang ini juga dilengkapi 10 gerbong yang dicat perak metalik dengan garis-garis hijau.

2 dari 2 halaman

Uji Coba Dilakukan 3 Tahun

Kereta yang digadang bakal jadi tonggak pertumbuhan jaringan kereta cepat Shinkansen di Jepang ini memulai uji coba pertamanya Jumat (10/5) lalu dengan rute Aomori - Sendai di malam hari. Uji coba rencananya akan dilakukan selama 3 tahun.

Sebagai informasi, tahun lalu Jepang melakukan uji coba kereta Shinkansen terbarunya N700S, yang akan beroperasi 2020 mendatang. Namun, kecepatan maksimal N700S mentok di angka 300 km/jam saja.

Jadwal uji coba ALFA-X ini bertepatan dengan persiapan Jepang dalam menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Debut kereta peluru ini sama seperti event Olimpiade Tokyo 1964, yang kemudian menjadi simbol negara Sakura yang berfokus pada efisiensi dan realibilitas.

Magnetic levitation atau kereta Maglev hingga saat ini masih menduduki peringkat teratas dalam urusan kecepatan.

Shanghai menjadi kota pertama yang mengoperasikan Maglev, yang kecepatannya menyentuh angka 268 km/jam dan bisa menempuh jarak 19 mil hanya dalam waktu 7 menit 20 detik.

Kehadiran ALFA-X nantinya diharapkan jadi babak baru bagi transportasi kereta cepat di Jepang dan seluruh dunia.

(Tik/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Jepang Tes Kereta Tercepat di Dunia, Bisa Melesat hingga 400 Km per Jam
Artikel Selanjutnya
Jepang Sebut Uji Coba Misil Korea Utara Melanggar Resolusi PBB