Sukses

124 Juta Tweet Ramaikan Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Twitter kembali merilis data seputar Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang banyak dibicarakan di platform tersebut. Pembahasan seputar Pemilu itu termasuk breaking news hingga aksi belakang layar.

Melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (26/4/2019), ada lebih dari 124 juta tweet seputar Pemilu 2019.

Tweet itu berasal dari hari pertama masa kampanye (23 September 2018) hingga satu minggu setelah hari pemungutan suara (24 April 2019).

Dari catatan Twitter, jumlah ini meningkat 30 persen dari jumlah tweet yang dihasilkan pada Pemilu 2014.

Saat hari pemungutan suara, terdapat 3,1 juta tweet dari masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia yang aktif berbagi pengalaman dan mencari informasi di Twitter.

"Puncak percakapan terjadi sekitar 17.00-18.00 WIB, dengan lebih dari 220 ribu tweet per menit, tidak lama setelah kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden menggelar konferensi pers," tulis Twitter dalam keterangannya.

Data Twitter juga menunjukkan tweet paling populer dengan tagar Pemilu 2019 berasal dari @zefaniadiani. Tweet itu berisi ucapan terima kasih pada para pekerja pengantar suara di berbagai pelosok Tanah Air.

2 dari 3 halaman

Perbincangan Soal Pemilu 2019 di Twitter

Selama masa Pemilu 2019, banyak juga dari masyarakat Indonesia yang membicarakan dan mencari informasi seputar pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam hal ini, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendominasi percakapan di Twitter dengan persentase 51 persen. Sementara pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebanyak 49 persen.

Berbagai tagar khusus seputar Pemilu juga meramaikan linimasa Twitter di Indonesia.

Beberapa tagar paling populer di Twitter sejak masa kampanye hingga seminggu setelah hari pemungutan suara adalah #DebatPilpres2019, #INAElectionObserverSOS, #PrabowoSandi, hingga #01Jokowi Lagi.

3 dari 3 halaman

Pemilu 2019 Menggema di Penjuru Dunia

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (17/4/2019), Indonesia trending topic dimeriahkan oleh berbagai tagar terkait Pemilu.

Bahkan, #Pemilu2019 tidak hanya menduduki peringkat teratas Indonesia trends, tapi juga dunia atau Worldwide trend.

Selain itu, juga ada tagar populer lainnya di Indonesia trends termasuk #SiapapunPresidennya dan #IndonesiaMemilih. Berikut beberapa kicauan warganet terkait Pemilu 2019:

"Happy election day!!! Voted for a better future #Pemilu2019," tulis pengguna Twitter dengan akun @Tryasyaharani34.

"#SiapapunPresidennya yang penting berakhir damai, jangan sampe ada kerusuhan sana-sini. Jadilah pemilih dan timses yang cerdas!! #AkuSudahMemilih #IndonesiaMemilih #IndonesiaElection2019 #Pemilu2019," kicau @Rismaputuputu.

"#SiapapunPresidennya nanti, hanya bisa berharap yang terbaik untuk Indonesia. Jika sudah terpilih nanti, jangan kecewakan rakyat, jangan hilangkan kepercayaan rakyat, dan jangan biarkan air mata rakyat mengalir karena kepemimpinan anda. pak @jokowi dan pak @prabowo," tulis @ShafaaKamiila.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketua KPU: Perkiraan Rekapitulasi Nasional Pemilu 2019 Mulai 30 April
Artikel Selanjutnya
Banyak Petugas KPPS Meninggal, Ketua DPR Usul Sistem E-Voting di Pemilu