Sukses

Top 3 Tekno: 10 Hoaks Terkait Pemilu 2019

Berikut rangkuman ketiga berita terpopuler Tekno Liputan6.com edisi akhir pekan, Sabtu (20/4/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Apa saja berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi akhir pekan, Sabtu (20/4/2019)? Berikut rangkuman lengkapnya.

1. 10 Hoaks Terkait Pemilu 2019

Berita bohong atau hoaks kian merajalela sepanjang Pemilu 2019, baik semasa kampanye, saat pencoblosan, hasil hitung cepat hingga usai pencoblosan. 

Berita bohong itu pun membuat resah masyarakat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengumpulkan sejumlah hoaks yang berkaitan dengan Pemilu 2019. 

Apa saja daftar hoaks tersebut? Berikut daftar 10 hoaks yang berkaitan dengan Pemilu 2019, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Sabtu (20/4/2019).

Selengkapnya baca di sini

2. Serangan Hacker pada Server KPU Ramai di Media Sosial, Ahli IT: Itu Hoaks

Beberapa hari terakhir, di media sosial maupun aplikasi chatting tersebar video yang diklaim sebagai serangan hacker terhadap server Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun setelah ditelusuri, informasi tersebut ternyata hoaks atau kabar palsu.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu ahli keamanan IT, Zul Amri, melalui akun LinkedIn-nya. Lewat unggahan tersebut, video yang disebarkan itu merupakan simulasi serangan dari situs ThreatCloud.

Sekadar informasi, situs itu memang menampilkan simulasi serangan siber global secara realtime.

"Well, saya katakan yang tersebar di medsos itu hoax, video atau gambar yang diambil dan tersebar di Facebook itu adalah simluasi dari situs ThreatCloud," tulisnya.

Selengkapnya baca di sini

3. Bill Gates Pakai Blangkon, Warganet Indonesia Terkesima

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, mengunggah foto dirinya sedang mengenakan blangkon sambil melepaskan nyamuk.

"Saat itu saya melepaskan nyamuk yang terinfeksi bakteri umum yang dapat mencegah penyebaran demam berdarah selama perjalanan ke Indonesia. Tuan rumah memberi saya blangkon, penutup kepala tradisional Jawa, untuk dipakai saat berkunjung," tulis Bill Gates di Instagram.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.