Sukses

Internetan di Morotai, Salah Satu Pulau Paling Utara di Indonesia Timur

Bersamaan dengan peninjauan NOC Palapa Ring Paket Tengah di Kabupaten Pulau Morotai, Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal WiFi BAKTI.

Liputan6.com, Morotai - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) telah selesai membangun proyek infrastruktur tulang punggung jaringan internet pita lebar (broadband) Palapa Ring Paket Tengah.

Kehadiran proyek Palapa Ring ini nantinya akan mampu membuat lebih banyak penyedia layanan komunikasi membangun jaringan di daerah-daerah yang tidak menguntungkan secara bisnis.

Tak hanya Palapa Ring, BAKTI juga melakukan pembangunan BTS melalui dana (universal service obligation) serta penyediaan titik WiFi di wilayah-wilayah terluar Indonesia.

Sekolah, puskesmas, hingga titik kumpul di kabupaten/kota merupakan tempat-tempat yang dikover oleh WiFi dari BAKTI.

Bersamaan dengan peninjauan network operation center (NOC) Palapa Ring Paket Tengah di Kabupaten Pulau Morotai, Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal WiFi BAKTI dengan jaringan dari Lintasarta tersebut, Kamis (3/1/2019),

Kami menjajal WiFi di Taman Kota Kabupaten Pulau Morotai. Sayangnya, pengujian kualitas data menggunakan aplikasi pengujian nPerf dan Speedtest Ookla tak bisa dilakukan.

Kendati tak bisa menguji berapa kecepatan layanan datanya, kami tetap bisa mengakses berbagai website, salah satunya laman www.liputan6.com meski responnya sedikit lambat.

Sementara itu, saat dicoba untuk membuka layanan streaming video, hanya proses loading dan video tak bisa dibuka.

Kendati begitu, sebenarnya ada dua WiFi umum yang bisa digunakan, salah satunya di-lock untuk pengujian vlog oleh Menkominfo Rudiantara bersama siswa siswi di sana. 

Menkominfo Rudiantara ngevlog dengan siswa di Taman Kota Morotai menggunakan WiFi publik yang dibangun BAKTI dan Lintasarta. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Milik Operator Seluler

Uji Internet di Morotai. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Meski merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia sekaligus pulau paling utara di Indonesia Timur, jaringan internet di Ibu Kota Kabupaten Pulau Morotai terbilang baik.

Sayangnya, dari sekian banyak operator seluler, hanya Telkomsel yang layanannya tersedia di Kabupaten Pulau Morotai. Layanan telepon menggunakan jaringan Telkomsel terbilang baik.

Uji Internet di Morotai. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Demikian juga dengan layanan internet di Ibu Kota Kabupaten Pulau Morotai milik Telkomsel yang memiliki jaringan 4G di sana. Saat dipakai untuk internetan, layanan cukup stabil.

Kami bisa mengakses aplikasi pesan, media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga layanan berbagi video dan aplikasi streaming musik Spotify dengan lancar, bahkan tanpa buffering.

Kendati begitu, terkadang ketika kecepatan turun, kualitas video streaming pun diturunkan ke resolusi yang lebih kecil.

Sementara itu, berdasarkan pengujian di aplikasi nPerf, kecepatan upload di wilayah Ibu Kota Kabupaten Pulau Morotai, Daruba, mencapai 14,21Mbps. Sedangkan kecepatan download di wilayah Daruba mencapai 8,61Mbps.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.