Sukses

iPhone X Meledak di Tengah Proses Update iOS 12

Sebuah iPhone X dikabarkan mengalami overheat (bodi terlalu panas) dan terbakar di tengah proses update iOS 12.1.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah iPhone X dikabarkan mengalami overheat (bodi terlalu panas) dan terbakar di tengah proses update iOS 12.1.

Sejumlah gambar unit iPhone X dengan bodi kaca pecah dan bekas terbakar terlihat jelas dalam sebuah unggahan Twitter milik pengguna bernama Rocky Mohamadali (@rocky_mohamad) dari Federal Way, Washington, AS.

"@Apple, iPhone X tiba-tiba panas dan meledak di tengah proses update iOS 12.1. Ada apa ini?" cuitnya.

Pengguna itu mengklaim, saat insiden terjadi, dia sedang mengisi daya iPhone X-nya dengan kabel Lightning dan wall adapter.

Segera setelah iPhone X-nya meledak pengguna itu mencabut charger dari smartphone, terutama saat dirinya sadar perangkat sudah panas dan berasap.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari outlet berita News18, Kamis (15/11/2018), pengguna itu kemudian lapor ke pihak Apple.

Kini, perusahaan menginvestigasi masalah ini. Apple juga meminta pemilik iPhone X untuk mengirimkan perangkatnya agar bisa diinvestigasi lebih lanjut.

Sekadar informasi, perangkat iPhone X itu baru dibeli 10 bulan lalu, alias pada Januari 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Balasan Apple

Dalam balasan ke cuitan milik Mohamad, Apple Support mengatakan, kejadian tersebut tentu bukan hal yang diinginkan. Mereka berkata, akan segera menyelesaikannya.

Tidak hanya iPhone X, baru-baru ini, Galaxy Note 9 juga meledak. Seorang wanita yang juga pemilik Galaxy Note 9 itu mengatakan, perangkatnya meledak di dalam tas tangan.

Tidak hanya itu, si pemilik juga melayangkan gugatan ke Samsung gara-gara masalah ini. Sebelumnya, Dalam peluncuran, CEO Samsung Mobile, DJ Koh mengatakan, Galaxy Note 9 adalah smartphone paling aman.

3 dari 3 halaman

Apple Akui iPhone X Sempat Bermasalah

Terlepas dari perangkat meledak, Apple sebelumnya mengakui ada masalah pada sejumlah produk iPhone X dan MacBook Pro 13 inci. Perusahaan menyebut akan memperbaiki masalah itu.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Reuters, Senin (12/11/2018), Apple mengatakan, sejumlah layar iPhone X yang dirilis tahun lalu mengalami masalah saat disentuh lantaran ada kegagalan pada komponennya.

Apple pun menawarkan penggantian secara gratis bagi layar iPhone X yang bermasalah. Kendati demikian, menurut Apple, masalah ini hanya berpengaruh pada iPhone X, yang saat ini sudah digantikan oleh iPhone XS dan iPhone XR.

Menurut Apple, permasalahan yang dimaksud adalah layar iPhone X tidak merespons dengan baik saat disentuh. Lalu, ada pula layar bisa bereaksi sendiri meski tak disentuh.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.