Sukses

Jony Ive Besut Cincin Berlian Murni Seharga Rp 3,7 Miliar

Liputan6.com, Cupertino - Chief Design Office Apple Apple Jony Ive rupanya tidak hanya sibuk menyumbangkan visi kreatifnya untuk merancang iPhone dan Apple Store.

Baru-baru ini, daya kreasinya juga membuahkan sebuah sebuah cincin 100 berlian dengan bentuk yang cantik.

Jika biasanya berlian pada cincin hanya ada pada bagian atasnya alias sebagai penghias, cincin berlian yang didesain oleh Ive tidak mengandung logam apapun, termasuk emas maupun perak.

Mengutip CNET, Selasa (13/11/2018), Jony Ive dan desainer industri Marc Newson bekerja sama dengan produser berlian Diamond Foundry membuat cincin berlian murni itu.

Diamond Foundry menantang keduanya untuk membuat sebuah cincin yang diukir dari batu berlian yang sangat besar.

Ive dan Newson menggunakan mesin pemotong batu berlian untuk membantu pengerjaan cincin tersebut.

"Blok berlian tersebut didesain dengan banyak sisi. Beberapa di antaranya memiliki ukuran kecil, yakni beberapa ratus mikrometer."

"Cincin bagian dalam dipotong secara silindris agar seusai tingkat kehalusan yang diinginkan, menggunakan mikrometer air jet tebal dengan laser di dalamnya," demikian menurut Diamond Foundry.

2 dari 3 halaman

Hasil Lelang Disumbang untuk Bantuan HIV/AIDS

Cincin berlian murni hasil karya Jony Ive ini rencananya akan dilelang pada 5 Desember mendatang di rumah lelang Sotheby's di Miami, Amerika Serikat.

Hasil lelang kemudian akan dikumpulkan untuk menyumbang dalam program bantuan terhadap penderita HIV/AIDS di Afrika dan Chicago, AS.

3 dari 3 halaman

Estimasi Laku Rp 3,7 Miliar

Lelang ini juga sekaligus akan menerima tawaran secara online maupun lewat telepon. Sebelumnya, Ive dan Newson juga mengkurasi produk-produk untuk dilelang dalam program lelang RED pada 2013.

Rumah lelang Sotheby's memperkirakan, cincin berlian ini akan laku dengan nilai hingga US$ 250.000 (setara Rp 3,7 miliar).

Pemenang lelang juga bisa meminta agar ukuran cincin disesuaikan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jony Ive Beberkan Alasan Apple Ketat Menjaga Rahasia
Artikel Selanjutnya
Takut Tertangkap, Pencuri Nekat Telan Berlian Senilai Rp 600 Juta