Sukses

Jony Ive Kembali Gawangi Divisi Desain Apple

Liputan6.com, Cupertino - Desain dari semua perangkat Apple memang tak bisa lepas dari tangan dingin Jonathan Ive.

Ya, pria yang karib disapa Jony Ive ini, memang sempat lama menjabat sebagai Chief Design Officer di raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam tersebut. Namun selama dua tahun terakhir, ia justru meninggalkan divisi desain Apple karena naik ke jabatan yang lebih tinggi.

Posisi Jony Ive diganti oleh Alan Dye dan Richard Howarth. Keduanya berperan untuk mengambil keputusan soal desain perangkat Apple, mulai Mac, Macbook, iPhone, iPad, Apple Watch, dan bertanggung jawab langsung ke CEO Apple Tim Cook.

Namun sekarang, Jony Ive dikabarkan telah kembali mengambil kemudi divisi desain Apple. Alasan Ive kembali menjabat Chief Design Officer tak lain karena dirinya telah rampung menyelesaikan tugas yang ia emban selama dua tahun.

Usut punya usut, 'tugas' penting yang dikerjakan Jony Ive dalam dua tahun terakhir ternyata adalah proses pembangunan kantor pusat Apple Park yang bentuknya seperti UFO.

"Apple Park telah selesai dibangun dan prosesnya sudah mencapai tahap 100 persen. Dengan demikian, Jony Ive kembali bertanggung jawab sebagai Chief Design Officer," ujar Amy Bessette, juru bicara Apple sebagaimana dilansir Phone Arena, Senin (11/12/2017).

2 dari 2 halaman

Sekilas Jony Ive

Sebagai informasi, peran Jony Ive yang begitu besar pada desain produk-produk Apple membuat Steve Jobs menyebutnya sebagai rekan spiritual. Di sisi lain, Jony Ive juga terbilang kritis terhadap pandangan yang dianggap tak sesuai dengan Jobs.

Pria yang bernama lengkap Sir Jonathan Paul "Jony" Ive ini juga turut bertanggung jawab untuk membawahi divisi iOS, setelah hengkangnya bos iOS, Scott Forstall. Boleh dibilang, ia adalah orang kedua paling penting di Apple setelah sang CEO Tim Cook.

Kesuksesannya bersama perusahaan berlogo 'apel tergigit' itu membuatnya sangat disegani di negara kelahirannya, Inggris.

Bahkan, pada 2012, Ratu Inggris memberinya gelar kebangsawanan ksatria Knight Commander of the Most Excellent Order of the British Empire, sehingga ia berhak menggunakan "Sir" di depan namanya.

Gelar ini adalah penghargaan kedua bagi Jony Ive, setelah sebelumnya menerima gelar kehormatan Commander of The British Empire.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: